Pendidikan

Apa Itu Cermat Merancang Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran Terhadap Anak Murid?

Seorang guru harus mengetahui apa itu cermat merancang penilaian dan evaluasi pembelajaran agar pekerjaan berjalan dengan lancar. Uraian mengenai hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Pertanyaan:

Apa itu cermat merancang penilaian dan evaluasi pembelajaran terhadap anak murid?

Jawaban:

Cermat merancang penilaian dan juga evaluasi pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk melihat kemajuan muridnya. Hal seperti ini sudah biasa dilakukan dengan tujuan untuk melihat perkembangan pembelajaran siswa siswi.

Penjelasan:

Menjadi seorang guru bukan hanya mengajarkan pelajaran apa yang ada di buku. Melainkan seorang guru juga harus dapat membuat seorang anak berkembang.

Dengan cara melakukan evaluasi pembelajaran terhadap anak, maka seorang guru akan dapat melihat perkembangan dan kelemahan anak tersebut. Tujuan utama dari hal tersebut adalah untuk melihat pencapaian yang didapat seorang anak.

Pencapaian tersebut mencangkup pendidikan pengetahuan dan juga keterampilan. Dengan melakukan evaluasi yang cermat, maka dapat diketahui apakah pencapaian tersebut sesuai target yang diharapkan.

Untuk melakukan evaluasi pembelajaran yang baik, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:

1. Menentukan Tujuan Pembelajaran Yang Nyata

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan menentukan tujuan pembelajaran yang nyata. Hal ini ditujukan untuk dapat melakukan evaluasi yang terarah.

Tujuan pembelajaran yang lebih nyata akan membantu para guru untuk meningkatkan konsep pembelajaran. Hal ini akan membuat evaluasi berjalan mudah dengan menentukan konsep yang sesuai.

2. Menetapkan Jenis Penilaian Yang Bervariasi

Hal kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan jenis penilaian yang bervariasi. Hal ini terbukti dapat membantu para siswa dan siswi berkembang.

Jenis penilaian bervariasi yang dapat dilakukan adalah dengan presentasi, melakukan proyek, ujian, dan juga berdiskusi. Melalui hal ini, juga dapat menunjukkan bakat dan keterampilan murid.

3. Menggunakan Sistem Rubrik Penilaian

Menggunakan sistem penilaian dengan rubrik mampu melihat dan mengamati perubahan dan perkembangan murid. Dengan melakukan hal ini juga dapat memberikan umpan balik yang bernilai mengenai hal yang perlu diperbaiki.

4. Memberikan Umpan Balik Yang Bermanfaat

Kegiatan penilaian dan evaluasi bukan hanya tentang memberikan nilai berupa angka saja, melainkan juga umpan balik. Umpan balik yang baik dan bermanfaat dapat membantu murid untuk berkembang.

Dengan memberikan umpan balik, maka murid akan mengetahui dimana letak kelebihan dan kekurangannya. Bersama hal ini juga akan mampu membantu murid memperbaiki kesalahan dan mengembangkan kelebihannya.

5. Melibatkan Murid Ke Dalam Proses Evaluasi

Hal terakhir yang dilakukan adalah dengan melibatkan para murid ke dalam proses evaluasi. Hal ini dapat memungkinkan para murid mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan mereka tanpa campur tangan orang lain.

Sehingga para murid dapat memikirkan cara untuk menjadi lebih baik dengan cara yang membuat para murid nyaman. Hanya para murid yang mengetahui cara pembelajaran yang baik dan bisa diterima.

Itulah penjelasan mengenai apa itu cermat merancang penilaian dan evaluasi pembelajaran terhadap anak murid. Hal di atas dapat dilakukan untuk ketertiban pembelajaran.

Back to top button