Pendidikan

Promosi Usaha yang Paling Efektif Dilakukan dengan Cara? Ini Jawabannya!

Untuk menjawab pertanyaan jenis promosi usaha yang paling efektif dilakukan dengan cara bagaimana. Maka, perlu diketahui apa saja kegiatan promosi yang dapat dilakukan saat menjalankan suatu usaha.

Barulah kemudian dapat dilihat, mana strategi promosi yang dapat memberikan hasil paling signifikan terhadap penjualan. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa promosi tersebut efektif, simak penjelasannya melalui pertanyaan berikut:

Pertanyaan

Promosi usaha yang paling efektif dilakukan dengan cara…

A. iklan di media cetak atau online

B. personal selling

C. publisitas

D. menyebarkan informasi dari orang ke orang

E. iklan baris

Jawaban

Jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah pilihan A. iklan di media cetak atau online, karena akan dilihat oleh promosi akan sampai dan dilihat oleh lebih banyak orang, sehingga kemungkinan terjadinya penjualan akan meningkat.

Pembahasan Mengenai Promosi Usaha yang Paling Efektif Dilakukan

Dalam melakukan kegiatan promosi usaha terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Simak cara melakukan kegiatan promosi usaha berikut ini:

1. Iklan di Media Cetak atau Online

Dengan melakukan iklan di media cetak produk dan usaha akan tampil sesuai dengan jam tayang yang telah disepakati. Hal ini tentu saja dengan perhitungan berapa banyak pengguna yang diharapkan dapat melihat iklan.

Iklan di media cetak maupun online umumnya membutuhkan biaya yang besar. Namun cukup efektif karena dapat disesuaikan berdasarkan target lingkungan, usia dan hal lain yang dapat secara tepat meningkatkan penjualan.

2. Personal Selling

Cara ini merupakan langkah sederhana yang mungkin banyak dilakukan oleh pemilik usaha pemula. Karena tidak membutuhkan banyak biaya, selain sumber daya manusia yang mampu melakukan promosi yang dapat meyakinkan calon konsumen secara langsung.

Dalam personal selling memang tidak selalu berdampak langsung pada penjualan secara signifikan. Namun dapat meningkatkan personal branding terutama, jika sales mampu menyampaikan keunggulan produk dengan baik.

3. Publisitas

Cara ini merupakan langkah yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan personal branding suatu produk. Biasanya suatu produk mengikuti kegiatan pameran, bazar dan yang lainnya.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk secara langsung pada konsumen dalam suatu lingkungan di acara tertentu. Tetap dapat terjadi proses penjualan, namun kembali lagi pada tujuan utamanya adalah untuk melakukan publikasi produk.

4. Direct Marketing

Cara ini biasanya dilakukan dengan dasar informasi yang telah dimiliki seperti nomor ponsel atau email calon konsumen. Direct Marketing dilakukan dengan mengirimkan pesan ke nomor ponsel atau email calon konsumen mengenai produk yang sedang dipromosikan.

Dengan mengetahui berbagai cara promosi yang dapat dilakukan. Maka akan dapat disimpulkan promosi usaha yang paling efektif dilakukan dengan cara apa, jika efektifitasnya dilihat berdasarkan pada hasil penjualannya.

Back to top button