Pendidikan

Jawaban Pertanyaan Capaian Pembelajaran Dibuat untuk Rentang Waktu… Yuk Simak Pembahasannya!

Soal berbunyi ‘capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu…’ merupakan bagian dari Pelatihan Kurikulum Merdeka. Tepatnya, dalam latihan pemahaman serta cerita reflektif Modul 2. Bagi yang baru menjalani pelatihan ini, yuk simak pembahasan soal berikut ini!

Soal

Capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu…

a. Tergantung kebutuhan

b. 1 tahun ajaran

c. 1 fase

d. 1 semester

Jawaban

Seluruh jenjang pembelajaran di dalam dunia pendidikan wajib memiliki yang namanya CP alias Capaian Pembelajaran. Secara sederhana, capaian pembelajaran sendiri bisa diartikan sebagai sejumlah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa-siswi dalam setiap fase perkembangannya.

Capaian Pembelajaran disusun dalam bentuk narasi secara komprehensif serta mencakup lingkup materi dan sekumpulan kompetensi. Guru harus membuat capaian pembelajaran untuk rentang waktu 1 fase, yaitu fase pondasi, A, B, C, D, E, dan F.

Karena idealnya sebuah capaian pembelajaran disusun untuk 1 fase, jawaban dari soal di atas adalah pilihan C. Melalui pembelajaran sesuai fase, besar harapan materi yang dihantarkan akan meningkatkan keterampilan anak, bukan hanya transfer pengetahuan saja.

Penjelasan

Fase dalam Capaian Pembelajaran (CP) dibagi menjadi beberapa. Fase-fase itu adalah fase pondasi (PAUD), A (kelas 1-2), B (kelas 3-4), C (5-6). Ada juga fase D (kelas 7-9), E (kelas 10), dan F (kelas 11-12).

Durasi per 2 tahun untuk SD disebabkan banyaknya sekolah mendasarkan pada kelas multi usia. SMP didasarkan pada perkembangan, SMA didasarkan pada memperkuat materi, keterampilan, serta peminatan. Apa saja komponen yang harus ada dalam setiap fase?

  • Tujuan dari mata pelajaran. Komponen ini merupakan kompetensi atau kemampuan yang harus dicapai oleh siswa dan siswi setelah selesai mempelajari mata pelajaran. Setiap mata pelajaran wajib mempunyai tujuan seperti ini agar kegiatan belajar lebih terarah.
  • Karakteristik dari mata pelajaran. Setiap mata pelajaran harus memiliki deskripsi umum tentang apa saja hal-hal yang akan dipelajari siswa-siswi. Elemen (strands) atau domain serta deskripsinya juga harus tercantum dalam capaian pembelajaran yang dibuat oleh guru.
  • Rasional mata pelajaran. Guru harus mencantumkan alasan penting bagi siswa-siswi mempelajari mata pelajaran tersebut. Mata pelajaran harus memiliki keterkaitan dengan satu atau lebih profil Pelajar Pancasila. Untuk SLB, rasionalnya harus menunjang fungsional kehidupan anak sehari-hari.
  • Capaian pembelajaran dari setiap fase. Ada beberapa hal yang yang dicakup dalam poin ini, yakni pengetahuan, kompetensi umum, serta keterampilan. Dengan adanya poin-poin ini, tujuan dari capaian pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan juga terarah.

Menjadi guru tidak cukup sekedar mengajar. Penjelasan dari ‘capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu..’ bisa menjadi gambaran apa saja yang wajib dipersiapkan guru sebelum mengajar. Guru bertugas mencerdaskan anak bangsa, jadi tidak boleh main-main ya!

Back to top button