Berikut Adalah yang Bisa Bu Nike Lakukan di Kelasnya Untuk Memfasilitasi Muridnya

Soal tentang “Berikut adalah yang bisa Bu Nike lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis” terpampang dalam susunan ujian. Jika ingin tahu jawabannya, maka ikuti uraian berikut ini:
Soal
Pada bagian ini, akan dipaparkan soalnya terlebih dahulu. Sebenarnya soal kali ini tidak terlalu panjang, namun membutuhkan penalaran yang tepat. Jika penalarannya tepat, maka proses menjawabnya tidak akan sulit.
Kemudian untuk bentuk soalnya sendiri adalah pilihan ganda. Jadi akan ada empat opsi jawaban yang bisa dijadikan pilihan. Inilah struktur soal dan beberapa opsi jawaban yang bisa dijadikan acuan dalam pemilihannya:
Bu Nuke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Nike lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali…
A. Saling mereview penampilan teman yang pentas.
B. Membuka ruang diskusi mengenai interpretasi tari.
C. Memberikan checklist komponen pertunjukan saat menonton pentas tari.
D. Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari.
Jawaban
Jika mengacu pada soal di atas, maka ada empat opsi jawaban yang berkaitan dengan pementasan tari. Meski semua berkaitan dengan pementasan tari, namun opsi jawaban yang paling tepat adalah opsi A.
Saling mereview penampilan teman yang pentas bukan termasuk fasilitas bernalar kritis yang baik. Sedangkan opsi B, C, D termasuk fasilitas yang sesuai. Oleh karenanya, jawaban yang tepat ada di opsi A dan bukan yang lain.
Penjelasan
Untuk membantu siswa bernalar kritis, maka guru harus memfasilitasi dan mengarahkannya. Hal ini bisa dilakukan pada semua mata pelajaran, termasuk pada materi seni tari. tentu fasilitas bernalar kritis ini bisa diterapkan melalui beberapa metode.
Namun untuk jawaban A di atas, tentu bukan fasilitas yang baik. Saling mereview teman yang pentas akan memberikan konotasi negatif antar siswa. Prosesnya juga tidak akan kondusif, sehingga sangat tidak disarankan.
Sedangkan jika Bu Nuke membuka ruang diskusi, memberikan checklist, serta menceritakan hal yang dipelajari, maka nalar berpikir kritis akan muncul. Hal ini dikarenakan siswa memiliki dasar berupa check list dan ruang diskusinya.
Jadi pada proses memberikan fasilitas bernalar kritis ini, guru harus memperhatikan prosesnya dengan baik. Jangan sampai siswa hanya memberikan komentar tanpa adanya data akurat yang bisa dibahas dan didiskusikan.
Pemberian fasilitas bernalar kritis ini bisa dilakukan dengan beberapa metode berbeda. Setidaknya ada tujuh metode yang bisa diterapkan satu per satu atau dikombinasikan bersama. Inilah beberapa metode tersebut:
- Focus Group Discussion (FGD).
- Game asah otak.
- Menulis karya ilmiah.
- Metode diskusi.
- Metode mind mapping.
- One week one book.
- Pembelajaran berbasis proyek.
Itulah struktur soal “Berikut adalah yang bisa Bu Nike lakukan di kelasnya untuk? dan opsional jawabannya. Selain itu, sudah ada penjelasan yang bisa dijadikan acuan pemilihan.