Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Model yang digunakan masih pendekatan konvensional, ditemukan bahwa siswa masih sering keluar masuk kelas saat pembelajaran masih berlangsung karena motivasi belajar siswa relatif rendah, sering bercakap-cakap dengan teman saat pembelajaran dimulai, dan sering mengganggu teman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Course Review Hooray (CRH) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini memiliki sampel yang dipilih dengan menggunakan Non-Probability Sampling. Sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan uji t motivasi belajar tinggi diperoleh t hitung lebih besar dari ttabel yaitu 12,89152 lebih besar dari 2,056, maka h0 ditolak dan h1 diterima. Kemudian penerapan model CRH juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang juga dibuktikan dengan uji t. Hasil perhitungan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 9,926846 lebih dari 2,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CRH mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V.

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i4.54423

Leave a Reply

Back to top button