Dari Keempat Contoh di Bawah Ini, Manakah yang Tidak Termasuk ke Dalam Alternatif

Pada artikel kali ini membahas sebuah soal dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang tidak termasuk ke dalam alternatif modifikasi. Soal tersebut merupakan bagian dari post test modul 1 topik 6.
Soal
Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang tidak termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?
A. Modifikasi proses
B. Modifikasi produk akhir
C. Modifikasi alur tujuan pembelajaran
D. Modifikasi konten
Jawaban:
Jawaban dari soal di atas semuanya benar kecuali satu mengenai alternatif modifikasi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran terdiferensiasi. Berdasarkan soal yang ada, maka jawaban yang benar adalah pilihan B. Modifikasi produk akhir.
Penjelasan:
Sebelum membahas jawaban lebih lanjut, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu alternatif modifikasi dan pembelajaran terdiferensiasi. Semua hal ini, dilakukan oleh guru dalam mengajar murid-muridnya mulai dari tingkat SD hingga SMA/sederajat.
Pembelajaran terdiferensiasi yaitu kegiatan yang dilakukan oleh para guru dan murid untuk tujuan meningkatkan kualitas dan potensi diri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengembangkan bakat murid dan fokus terhadap hal tersebut tanpa memaksanya.
Pembelajaran terdiferensiasi ini juga dilakukan sesuai dengan seberapa siap murid untuk belajar. Selain itu, melalui pembelajaran ini murid tidak hanya fokus pada proses pembelajaran melainkan juga fokus dengan materi dan konten.
Alternatif modifikasi dilakukan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut kepada murid. Guna untuk menaikkan semangat murid untuk belajar dan memahami materi sehingga tidak bosan saat berada di kelas.
Pada soal di atas, terdapat empat pilihan yang berbeda mengenai alternatif modifikasi yang dapat dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, pada penjelasan kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai semua pilihan tersebut.
1. Modifikasi Proses
Modifikasi Proses pembelajaran adalah saat dimana guru melakukan pendekatan atau menggunakan strategi dalam meningkatkan kualitas murid. Selain itu, guru juga dapat menggunakan proses pembelajaran yang berbeda untuk kepentingan individu murid.
Cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai modifikasi Proses adalah dengan memvariasikan cara mengajar. Dapat dilakukan dengan memberikan informasi dengan cara yang lebih kreatif, memberikan materi yang beragam dan juga menyediakan diskusi.
Modifikasi Proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menyesuaikan gaya belajar dan juga pemahaman murid. Dengan begitu, maka alternatif modifikasi akan didapatkan.
2. Modifikasi Produk Akhir
Modifikasi produk akhir adalah proses guru yang memberikan tugas atau proyek akhir. Biasanya, tugas yang diberikan disesuaikan dengan bakat dan minat masing-masing murid.
Guru memberikan berbagai macam pilihan tugas yang sesuai dengan pemahaman dan kemampuan murid bisa dalam hal seni. Selain itu, guru juga dapat memberikan tingkat kesulitan soal yang berbeda untuk mengetes murid.
3. Modifikasi Alur Tujuan Pembelajaran
Modifikasi alur tujuan pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam mengurutkan setiap proses pembelajaran. Hal ini ditujukan untuk membantu meningkatkan pemahaman murid.
Selain itu, agar seluruh tujuan proses pembelajaran dapat tercapai. Guru dapat melakukannya dengan memberikan beberapa pendekatan dan praktik yang berbeda untuk beberapa kelompok.
4. Modifikasi Konten
Modifikasi Konten ialah kegiatan yang dilakukan guru dengan cara menyesuaikan materi dengan pemahaman murid. Guru memberikan materi yang berbeda berdasarkan kemampuan murid dan juga dapat memberikan konteks yang relevan.
Demikianlah pembahasan contoh soal post test modul 1 topik 6 tentang Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang tidak termasuk ke dalam alternatif modifikasi. Modifikasi produk akhir tidak terlalu umum digunakan dalam pembelajaran terdiferensiasi.