Pendidikan

Elemen Akhlak Kepada Alam Diintegrasikan Pada Pembelajaran Pada Kelompok

Soal elemen akhlak kepada alam diintegrasikan pada pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA. Pertanyaan di atas adalah..

Soal tersebut akan ditemui di mata pelajaran IPA pada Sekolah Menengah Atas. Tentu soal tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan tentunya lebih terbaru dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Soal

Elemen akhlak kepada alam diintegrasikan pada pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA.

Pertanyaan di atas adalah…

A. Benar, karena mata pelajaran IPA memiliki ruang lingkup paling relevan dengan alam dan ekosistem

B. Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan

C. Benar, karena semua pembelajaran IPA dapat dikaitkan dengan alam sekitar

C. Salah, semua mata pelajaran memiliki ruang lingkup materi alam dan ekosistem

Jawaban

B. Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan

Pembahasan

Mengintegrasikan elemen akhlak kepada alam pada pembelajaran kelompok mata pelajaran IPA tentu dapat dilihat dari pendekatan-pendekatan baik itu secara praktis maupun holistik. Pastinya ada beberapa langkah yang harus diambil saat menentukan integrasi elemen akhlak pada alam.

Identifikasi nilai-nilai akhlak, dengan mengidentifikasi nilai-nilai akhlak tentu dapat menunjang pembelajaran IPA lebih efektif lagi. Dapat dipastikan juga peserta didik akan mempunyai rasa ingin tahu serta peduli terhadap lingkungan akan dampak yang terjadi terhadap alam.

  • Relevansi materi pembelajaran dengan nilai-nilai akhlak, nilai-nilai awal tentu berkaitan dengan materi pembelajaran IPA dikarenakan pembelajarannya terkait siklus tumbuhan serta kehidupan dari tumbuhan tersebut. Pastinya hal ini teramat penting dikarenakan berhubungan dengan menjaga lingkungan alam.
  • Pembelajaran berbasis proyek, dengan menggunakan pendekatan berbasis proyek ini tentu peserta didik dapat terlibat eksperimen, tindakan, serta penelitian mengenai isu-isu lingkungan. Pastinya hal ini akan membantu mengembangkan pemahaman mengenai interaksi manusia dengan alam.
  • Pemodelan perilaku etis, perilaku etis terhadap alam diperlukan karena saat melakukan kegiatan di lapangan tentu akan menggunakan sumber daya yang baik akan tidak merusak habitat atau sekitar alam.
  • Refleksi dan diskusi, pengalaman ataupun cara pemikiran terkait tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam tentu sangat berperan penting di dalam pembelajaran IPA.
  • Kolaborasi lintas mata pelajaran, peserta didik yang melakukan kerjasama atau komunikasi lebih dengan guru-guru selain pembelajaran IPA tentu dapat meningkatkan integrasi elemen akhlak pada alam secara luas.
  • Penggunaan sumber daya alam sebagai materi pembelajaran, sumber daya alam tentu sangat dibutuhkan jika akan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk pembelajaran secara langsung. Dengan adanya hal ini tentu dapat memberikan pengalaman kepada peserta didik agar dapat mengenal lebih jauh terkait apa itu alam.

Di atas sudah terjawab elemen Allah kepada alam diintegrasikan pada pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA pernyataan di atas adalah. Perlu diperhatikan bahwasanya alam sangat penting bagi peserta didik dikarenakan dapat menimbulkan rasa cinta terhadap lingkungan.

Back to top button