Pendidikan

Garam Dapur yang Kotor dapat Dimurnikan Melalui Tahap-Tahap Apa Saja?

Garam yang dibeli dari pasar kadang-kadang terkotori dengan partikel-partikel yang tidak diinginkan. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut jawaban soal garam dapur yang kotor dapat dimurnikan melalui tahap-tahap apa saja beserta penjelasannya.

Soal

Garam dapur yang kotor dapat dimurnikan melalui tahap-tahap apa saja?

a. pelarutan, penyaringan, pengkris-
talan

b. penyaringan, pelarutan, pengkristalan

c. penyaringan, pelarutan, penyulingan

d. pelarutan, penyaringan, penyulingan

Jawaban

Jawaban yang benar yakni pada opsi A. Garam dapur yang kotor dapat dibersihkan atau dimurnikan agar dapat digunakan kembali melalui 3 tahapan, yaitu:

  • Pelarutan.
  • Penyaringan.
  • Pengkristalan.

Garam dapur terkadang kotor, atau tidak sengaja tercampur dengan partikel lain yang membuat garam tersebut menjadi tidak bisa digunakan. Tidak perlu khawatir karena tidak perlu membuang garam tersebut. Lakukan saja tiga tahapan yaitu pelarutan, penyaringan, dan pengkristalan kembali.

Dalam proses ini terjadi salah satu perubahan zat, yaitu penguapan. Garam yang sebelumnya tercampur dengan air, kemudian dipanaskan sehingga airnya menguap. Dengan proses itu, terbentuk kristal-kristal garam yang siap digunakan.

Penjelasan

Tahap pertama adalah pelarutan. Pelarutan dilakukan dengan mencampur garam yang kotor dengan air. Kemudian garam kotor dan air tersebut dipanaskan di atas panci. Air yang memanas akan melarutkan garam kotor menjadi cair.

Setelah garam selesai cair, tunggu sebentar hingga suhunya menurun. Setelah suhunya menurun, dapat dilakukan tahap kedua, yaitu penyaringan. Penyaringan dapat dilakukan dengan saringan teh atau tepung.

Penggunaan alat ini memudahkan proses pemurnian garam kotor karena saringan tersebut hampir selalu ada di rumah. Selain saringan, dapat juga digunakan kain bersih untuk menyaring. Apabila kain yang digunakan menyaring, kemungkinan hasil akan lebih bersih.

Letakkan saringan di atas panci bersih lainnya. Kemudian tuangkan larutan garam dan air ke atas saringan. Kotoran-kotoran akan tersaring dan tidak ikut tertuang ke bawah. Sementara air garam yang bersih bisa didapatkan di panci penadah di bawah.

Setelah tahap dua ini selesai, dilanjutkan dengan tahap ketiga, yaitu tahap pengkristalan kembali. Tahap ini bermaksud mengembalikan garam ke dalam bentuk semulanya, yaitu kristal-kristal garam. Tahapan ini mirip dengan proses pembuatan awal garam.

Cara mengkristalkan kembali air garam cukup mudah. Cukup didihkan kembali air garam yang sudah bersih di atas kompor dalam waktu yang lama. Untuk menjaga agar air garam tidak gosong, api perlu dinyalakan dalam volume kecil saja.

Dalam proses mengkristalkan, ada baiknya mengaduk air beberapa kali. Setelah beberapa lama melakukan proses pemanasan ini, air akan habis dan garam akan berubah menjadi kristal-kristal seperti bentuknya semula.

Setelah air benar-benar habis, garam bersih sudah dapat digunakan kembali dengan keadaan yang lebih baik. Simpan kembali garam dalam wadah yang bersih untuk menghindari lembab atau menjadi kotor kembali.

Demikian jawaban dan penjelasan soal garam dapur yang kotor dapat dimurnikan melalui tahap-tahap apa saja. Adapun inti dari jawaban ini adalah pelarutan, penyaringan, dan pengkristalan.

Related Articles