Pendidikan

Jelaskan Perbedaan antara Media Promosi Secara Offline dan Online! Ini Jawabannya

Soal “Jelaskan perbedaan antara media promosi secara offline dan online” masuk dalam materi wirausaha SMA. Oleh karenanya, artikel berikut akan menguraikan jawaban beserta pembahasannya secara lebih detail.

Soal

Sebelum membahas jawaban dan penjelasannya, pada bagian ini akan diinformasikan soalnya terlebih dahulu. Sebenarnya soal ini tidak terlalu panjang namun jawabannya yang diminta sedetail mungkin. Inilah susunan soalnya:

Jelaskan perbedaan antara media promosi secara offline dan online!

Jawaban

Promosi secara offline adalah proses pengenalan produk kepada konsumen secara langsung. Jadi prosesnya tidak memanfaatkan media online dan langsung tatap muka. Jenis promosi ini masih termasuk proses yang tradisional.

Sedangkan promosi secara online adalah proses pengenalan produk kepada konsumen dengan bantuan media internet. Platform yang dipakai bisa apa saja asal menjangkau dan terlihat oleh khalayak umum untuk kemudian dikenal.

Penjelasan

Selain yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya masih ada beberapa lagi perbedaan dari promosi offline dan online. Detail tambahan ini harus diketahui agar semakin paham perbedaannya secara menyeluruh dan lebih luas.

Setidaknya ada enam poin perbedaan yang wajib diketahui. Agar lebih mudah dipahami, maka pada bagian ini akan diinformasikan dari sisi promosi online dan offline-nya secara langsung. Inilah daftar perbedaannya:

  • Modal promosi offline lebih besar karena perlu mencetak brosur, baliho, dan media iklan lainnya yang akan dilihat konsumen. Sedangkan modal untuk promosi online jauh lebih mudah karena selebarannya bisa dibuat dan disebarkan dengan gratis.
  • Bentuk promosi offline sudah jelas secara langsung dan medianya bisa disentuh. Lalu untuk promosi online bentuknya maya dan hanya bisa dilihat.
  • Jangkauan pasar untuk promosi offline hanya sebanyak lingkup sekitarnya saja. Sedangkan untuk promosi online, jangkauannya lebih besar dan luas.
  • Waktu promosi offline hanya mengacu pada waktu pelaksanaannya saja. Jika tidak promosi, maka konsumen tidak akan tahu produknya. Lalu untuk promosi online, promosi masih terus berjalan selama selebaran beredar di internet.
  • Promosi secara offline lebih mudah namun tidak bisa terlalu efektif. Sedangkan promosi online lebih sulit karena ada tekniknya tersendiri namun hasilnya lebih maksimal.
  • Produk yang ditawarkan dalam promosi offline biasanya jelas dan nyata. Sedangkan untuk promosi offline menggunakan produk yang divisualisasikan dalam foto maupun video.

Semua perbedaan promosi offline dan online tersebut bisa dijadikan acuan untuk mulai memahaminya. Saat semua poinnya sudah dipahami dengan baik, maka proses pemilihan untuk dipakai dan dijalankan juga lebih terarah.

Demikian mengenai pembahasan soal jelaskan perbedaan antara media promosi secara offline dan online! Karena soalnya diminta untuk menjelaskan, akan lebih baik jika jawabannya lebih panjang dan jelas. Jadi tidak ada salahnya jika penjelasan di atas juga dimasukkan.

Back to top button