Pendidikan

Jelaskan Proses Terbentuknya Kota Satelit sebagai Pendukung Kota Inti

Pada materi pelajaran IPS khusus Geografi, ada pertanyaan yang berkaitan dengan proses terbentuknya satelit dengan benar. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah tentang jelaskan proses terbentuknya kota satelit sebagai pendukung kota inti.

Soal

Jelaskan proses terbentuknya kota satelit sebagai pendukung kota inti!

Jawaban

Masih banyak yang tidak tahu, mengenai seperti apa proses terbentuknya kota satelit dengan langkah yang tepat. Biasanya untuk proses pembuatannya, dimulai dari faktor gaya hidup dari masyarakat terutama dalam jangka yang lama.

Biasanya pada kota satelit ini, ada beberapa sektor penting yang perlu diperhatikan termasuk dengan sektor industri. Belum lagi, jika nanti ada kemungkinan terjadinya pemekaran jumlah penduduk yang terkadang di luar dugaan.

Selain itu, ada faktor lainnya yang perlu diperhatikan seperti pemerataan wilayah atau masyarakat di dalamnya. Kota satelit yang bisa ditemukan di sini adalah Jakarta, ditambah juga dengan kota Depok dan Bekasi.

Penjelasan

Masih berkaitan erat dengan satelit, ada beberapa teori yang menarik mengenai proses pembuatan satelit di dunia. Simak apa saja yang menjadi teori pembentukan satelit yang ada dan sudah diajarkan di bawah ini:

1. Hipotesis Mengenai Giant Impact

Untuk teori yang pertama ini, dikenal dengan nama Giant Impact yang mungkin sudah pernah didengar sebelumnya. Teori yang pertama ini biasanya menjadi yang paling banyak diakui oleh ilmuwan sejak awal diajukan.

Pada teori ini, dimulai dengan pendapat bahwa Bulan memang terbentuk saat ada benda langit menabrak bumi. Selain itu, Bumi yang menjadi pusat tempat tinggal manusia ini terdiri dari sisa dari awan debu.

2. Teori yang Bernama Co-Formation

Kemudian ada teori pembentukan satelit yang lainnya yang begitu menarik, yang dikenal dengan nama Co-Formation. Untuk teori kedua ini, dipahami dengan konsep mengenai Bumi dan Bulan terbentuk pada waktu yang sama.

Menurut teori yang ada di sana, ada dua benda langit berukuran besar itu bisa bertabrakan. Tak hanya itu, bahkan dalam teori ini, baik Bulan maupun Bumi dianggap memiliki komposisi yang mirip.

3. Teori Pembentukan Satelit, Capture Theory

Terakhir, teori pembentukan satelit lainnya yang dikenal dengan nama Capture Theory yang juga perlu dipahami. Teori ini sendiri berisi mengenai Bumi yang memiliki pengaruh gravitasi yang bisa menarik benda langit.

Kemudian bintang atau benda langit yang ada di Tata Surya memiliki kemampuan yang sama dengan Bumi. Nantinya, Bulan yang berada jauh akan bisa ditarik lebih dekat ke orbit yang dekat Bumi.

Itulah jawaban yang lengkap dari pertanyaan tentang jelaskan proses terbentuknya kota satelit sebagai pendukung kota inti. Proses terbentuknya kota satelit yang mendukung kota inti ini dipengaruhi oleh banyak faktor dan teori.

Back to top button