Pendidikan

Jelaskan yang Dimaksud dengan Pengolahan Makanan! Ini Jawabannya

Makanan memang bisa dimasukkan ke dalam kategori kebutuhan paling pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Sayangnya, banyak yang tidak tahu mengenai jawaban dari soal jelaskan yang dimaksud dengan pengolahan makanan dengan tepat.

Soal

Jelaskan yang dimaksud dengan pengolahan makanan!

Jawaban

Persoalan yang berkaitan dengan pengolahan makanan bisa menjadi hal yang kompleks ketika dibahas di materi. Pasalnya, proses pengolahan makanan ini secara sederhana bisa dipahami sebagai teknik atau metode dalam membuat makanan.

Proses tersebut nantinya melibatkan beberapa langkah untuk mengubah bahan yang mentah menjadi bahan yang bisa disantap. Meski ada yang bisa dimakan ketika masih mentah, beberapa bahan harus diolah hingga matang sebelum dinikmati.

Bahan mentah yang dimaksudkan ini pun bervariasi, mulai dari bahan hewani hingga nabati atau berasal dari tumbuhan. Nantinya pun proses pengolahan makanan dari bahan hewan dan juga tumbuhan bisa membutuhkan alat dan waktu yang berbeda-beda.

Penjelasan

Ada beberapa teknik atau metode yang menjadi bagian dari proses pengolahan makanan yang bisa dicoba langsung. Simak tiga contoh dari proses pembuatan makanan yang ada di sini, yang mungkin sudah sering terdengar namanya:

1. Teknik Pengolahan Makanan Broiling

Pertama, ada sebuah teknik untuk mengolah makanan yang menarik dan sudah dikenal dengan nama broiling.  Secara garis besar, teknik ini merupakan teknik memasak makanan dengan memanggang atau memanaskannya dalam kondisi api yang sangat panas.

Masih banyak yang tidak tahu, teknik ini mengedepankan proses memasak yang cepat dan cocok untuk aktivitas yang terburu-buru. Ada banyak bahan makanan yang bisa diolah dari sini, dimulai dari daging ayam hingga sayuran biasa.

2. Teknik Pengolahan Makanan Grilling

Kemudian ada teknik pengolahan makanan yang lainnya yang disebut dengan grilling dan mungkin sudah sering dicoba. Teknik ini biasanya dilakukan dengan bantuan dari alat perapian terbuka yang harus diletakkan di dekat sumber panas.

Jika melakukan proses pengolahan makanan ini, biasanya bahan makanan harus dibolak-balik berulang kali sembari memeriksa kematangannya. Beberapa contoh dari makanan yang menggunakan teknik ini adalah burger atau mungkin daging ayam dan daging sapi.

3.Teknik Pengolahan Makanan Roasting

Terakhir, ada teknik pengolahan makanan lainnya yang tak kalah menarik, dikenal dengan nama teknik roasting. Secara garis besar, teknik ini biasanya dipakai untuk bahan seperti daging ayam hingga berbagai tipe sayuran.

Biasanya metode yang ketiga ini membutuhkan waktu yang lebih lama sembari mengeluarkan rasa tertentu dari bahannya. Selain itu, diperlukan suhu yang khusus dimulai dari 200 derajat Fahrenheit untuk bisa menghasilkan makanan yang diinginkan.

Itulah jawaban yang tepat dari soal jelaskan yang dimaksud dengan pengolahan makanan yang bisa dipahami. Ada beberapa contoh dari teknik pengolahan makanan di sini, mulai dari broiling sampai teknik populer seperti roasting.

Back to top button