Kemampuan Murid Untuk Merefleksikan Hasil Pemikiran atau Kesimpulannya Merupakan?

Soal “Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen” masuk dalam struktur ujian dan harus dijawab. Jika ingin siap saat berhadapan dengan soal ini, maka lihat uraian berikut:
Soal
Sebelum membahas jawaban dan penjelasannya, maka pada bagian ini akan dipaparkan struktur soalnya terlebih dahulu. Aspek ini penting untuk dipahami agar susunan soalnya bisa ditelaah dan tidak ada kesalahpahaman.
Bentuk soalnya sendiri adalah pilihan ganda dengan empat opsi jawaban berbeda. Perlu dipahami bahwa hanya ada satu jawaban saja yang tepat. Lihat susunan penjelasan di bawah ini untuk mengetahui struktur soalnya:
Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen…
A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan.
B. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran.
C. Refleksi pemikiran dan proses berpikir.
D. Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi.
Jawaban
Setelah mengetahui susunan soal di atas, maka proses penentuan jawabannya harus tepat. Untuk sial tersebut, jawaban yang paling pas ada di opsi C. Refleksi pemikiran dan proses berpikir menjadi elemen dari kemampuan murid melakukan refleksi.
Dengan adanya jawaban tersebut, maka bisa dipastikan jawaban lain di opsi A, B, dan D salah. Jika ingin mendapat poin tambahan, maka jawab saja dengan opsi C dan jangan sampai memilih lainnya agar tidak salah.
Penjelasan
Untuk menjawab soal di atas, maka harus paham dulu tentang elemen profil pelajar pancasila. Jadi elemennya sendiri ada enam, yang terdiri dari kreatif, bernalar kritis, mandiri, gotong royong, berkebinekaan global, dan berakhlak mulia.
Elemen yang paling berkaitan dengan soal adalah bernalar kritis. Definisi bernalar kritis sendiri adalah kemampuan objektif dalam memproses informasi baik kuantitatif maupun kualitatif. Prosesnya akan berjalan sampai penyimpulannya.
Jika dijabarkan, maka bernalar kritis ini memiliki beberapa elemen kunci di dalamnya. Informasi ini juga harus dipahami dengan baik agar tidak ada aspek yang terlewat. Untuk itu, simak beberapa elemen kunci dan penjelasannya berikut ini:
- Memperoleh serta memproses gagasan dan informasi: merupakan elemen yang membuat pelajar memiliki rasa ingin tahu. Pada prosesnya, akan ada pertanyaan yang diajukan, proses pengidentifikasian gagasan, serta pengolahan informasinya.
- Menganalisis serta mengevaluasi penalaran: pelajar akan menggunakan susunan nalarnya untuk mengambil keputusan. Acuannya sendiri adalah informasi dan aspek lain yang sudah dikumpulkan.
- Merefleksikan pemikiran dan proses berpikir: merupakan kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau struktur kesimpulannya. Proses ini akan membuat murid berpikir kritis sampai akarnya bisa diketahui.
- Mengambil keputusan: merupakan proses pengambilan keputusan dengan dasar informasi yang sudah dikumpulkan. Sumber, fakta, dan data dijadikan acuan dalam proses pengambilan keputusan ini.
Susunan soal “Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen” tersebut bisa dipelajari. Karena sudah ada jawaban dan penjelasannya, maka proses pemahamannya akan semakin mudah.