Pendidikan

Kultur Jaringan pada Suatu Uji Laboratorium Menunjukkan Bahwa Satu Bakteri Dapat Membelah Diri dalam Waktu 2 Jam

Kultur jaringan pada suatu uji laboratorium menunjukkan bahwa satu bakteri dapat membelah diri dalam waktu 2 jam. Diketahui bahwa pada awal kultur jaringan tersebut terdapat 1.000 bakteri, tentukan banyak bakteri dalam 10 jam.

Soal diatas tersebut biasa muncul dalam mata pelajaran Matematika dimana untuk menjawabnya memerlukan kecakapan dalam berhitung. Selain itu, siswa juga harus memahami konsep dalam pengerjaan suatu soal.

Soal

Kultur jaringan pada suatu uji laboratorium menunjukkan bahwa satu bakteri dapat membelah diri dalam waktu 2 jam. Diketahui bahwa pada awal kultur jaringan tersebut terdapat 1.000 bakteri, tentukan banyak bakteri dalam 10 jam adalah…

A . 32.000

B. 40.000

C. 42.000

D. 36.000

E. 34.000

Jawaban

Banyak bakteri adalah 1.000 dan Rasio pembelahnya adalah 2

Diketahui n = 10

n = 10 jam/2 jam  

n = 5

Dimana Un = a x r kuadrat n

Un = 1.000 x 2 pangkat 5

= 1.000 x 32

= 32.000

Jawabannya yaitu A. 32.000

Pembahasan

Pertumbuhan serta peluruhan termasuk sebuah penerapan dari fungsi eksponen di dunia nyata. Yang dimaksud dari pertumbuhan tersebut adalah bertambahnya kandungan atau jumlah suatu objek dengan teratur pada setiap periodenya.

Pada umumnya pertambahan tersebut angkanya mengikuti sebuah barisan geometri, peluruhan merupakan lawan dari pertumbuhan. Pengertian dari peluruhan adalah berkurangnya jumlah atas objek tersebut. 

Objek dalam hal ini antara lain adalah penduduk, harga barang, luas tanah, zat kimia dan mikroorganisme. Pertumbuhan serta peluruhan keduanya mempunyai 2 jenis yang berbeda yaitu : 

1. Jenis Linear

Keduanya dikatakan linear apabila dalam setiap periode pertumbuhan maupun peluruhannya menghasilkan selisih yang konstan. Jenis ini secara mudahnya digambarkan dengan mengikuti garis yang lurus. 

Dimana cepat dan lambatnya gerak pertumbuhan linier bergantung pada kemiringan garis linier nya. Jika bentuknya semakin curam, kecepatan pertumbuhannya pun menjadi semakin besar begitu juga sebaliknya, contoh. 

  • Pertumbuhan PDB Indonesia.
  • Panjang badan. 
  • Tinggi badan.
  • Lingkar dada.
  • Lingkar kepala.

Untuk dapat menghitung pertumbuhan jenis ini pelajar perlu tahu dan memahami rumus perhitungannya dulu. Rumusnya yaitu 1 ditambahkan dengan jumlah periode pertumbuhan kemudian dikalikan nilai pertumbuhan awal periode.

2. Eksponensial 

Jenis eksponensial setiap periodenya selalu menghasilkan selisih yang memenuhi grafik pada fungsi eksponen. Dimana pada masa-masa awalnya, pertumbuhan dan peluruhan tipe ini umumnya yang dicapai cenderung kecil atau moderat. 

Namun setelahnya kecepatan akan melesat dengan begitu cepat, apabila dibandingkan dengan linier, kecepatannya bisa lebih cepat. Perhitungan kedua jenis ini rumusnya hampir sama, hanya saja jenis ini memakai pengurangan, contoh jenis ini yaitu : 

  • Kinerja perusahaan teknologi.
  • Investasi.
  • Pertumbuhan bakteri.

Itulah kultur jaringan pada suatu uji laboratorium menunjukkan bahwa satu bakteri dapat membelah diri dalam waktu 2 jam. Diketahui bahwa pada awal kultur jaringan tersebut terdapat 1.000 bakteri, tentukan banyak bakteri dalam 10 jam.

Back to top button