Pendidikan

Membuat Magnet dengan Cara Elektromagnetik, Mudah Dilakukan

Bahan yang tergolong sukar dibuat menjadi magnet adalah baja. Sementara itu, besi mudah dibuat menjadi magnet, tetapi tidak tahan lama. Soal berikut terkait dengan salah satu cara membuat magnet. Cobalah menjawabnya untuk menguji pemahaman tentang pembuatan magnet.

Soal tentang Pembuatan Magnet secara Elektromagnetik

“Salah satu cara membuat magnet adalah dengan proses elektromagnetik. Membuat magnet dengan cara elektromagnetik dapat dilakukan dengan cara seperti apa? Uraikan juga langkah-langkahnya dengan tepat dan jelas.

Untuk dapat menjawab soal tentang pembuatan magnet ini, sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang tiga cara pembuatan magnet. Ketiga cara yang dimaksud adalah pembuatan magnet dengan cara digosok, diinduksi, dan elektromagnetik. Fokus soal kali ini adalah pada pembuatan magnet dengan cara elektromagnetik.

Jawaban Soal

Pada umumnya, magnet yang sering ditemukan dan digunakan merupakan magnet buatan. Disebut magnet buatan karena magnet tersebut memang sengaja dibuat. Bahan yang biasa dipergunakan untuk dijadikan magnet adalah besi. Selain itu, baja atau campuran besi-baja juga kerap digunakan.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa magnet dapat dibuat dengan tiga cara mudah. Adapun cara yang umum dilakukan adalah dengan cara elektromagnetik. Dalam hal ini, magnet akan dibuat dengan cara mengaliri besi dengan listrik searah melalui sebuah penghantar.

Listrik searah disebut juga atau listrik DC. Inisial DC merupakan singkatan dari direct current. Arus listrik sangat diperlukan dalam pembuatan magnet secara elektromagnetik. Jika tidak ada arus DC, bisa diganti dengan arus AC (alternating current) yang memiliki tegangan rendah. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Lilitkan kabel kumparan pada paku besi dan jika tidak ada kabel kumparan dapat diganti dengan kawat besi.
  • Selanjutnya, kupas ujung-ujung kabel kumparan.
  • Hubungkan satu ujung kabel dengan kutub positif dan hubungkan kabel pada ujung lainnya ke kutub baterai yang negatif.
  • Dekatkan beberapa jarum dengan paku besi yang telah dililit.
  • Karena paku besi telah berubah menjadi magnet, jarum-jarum yang terletak di dekat paku akan tertarik ke arahnya.

Penjelasan Lebih Lanjut

Cara pembuatan magnet pada jawaban soal di atas akan berhasil dilakukan jika mematuhi syarat-syarat yang terkait dengan langkah-langkah pembuatan. Misalnya, untuk paku yang digunakan harus terbuat dari besi. Paku besi ini akan berfungsi sebagai batang magnet utama. 

Jika tidak ada kawat atau paku besi, bisa diambil benda besi serupa paku. Misalnya, sekrup atau baut. Pilih paku, sekrup, atau baut sepanjang sekitar 12 sentimeter. Tujuannya agar terdapat banyak ruang untuk melilitkan kabel.

Sementara itu, kabel yang dipergunakan disarankan berbahan tembaga. Tarik kabel tembaga dari kumparannya hingga seluruh benda logam terlilit kabel. Tempatkan kabel hingga tegak lurus dengan batang besi utama agar bisa melilitkannya berkali-kali dengan mudah.

 

 

Related Articles