Pak Doni Memberikan Kuis Dengan Tipe Soal Pilihan Ganda

Contoh soal pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda merupakan bagian dari post test merdeka mengajar. Adapun pembahasan secara lengkap terkait soal tersebut ada di dalam artikel ini.
Soal
Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali
A. Pemahaman murid terhadap konsep
B. Miskonsepsi
C. Jawaban benar dan salah
D. Kesulitan yang dihadapi murid
Jawaban:
Jawaban untuk salah satu soal dalam post test merdeka mengajar tersebut adalah pilihan C. Hal ini dikarenakan terdapat kata ‘kecuali’ dalam soal, sehingga jawaban pilihan C adalah yang paling tepat.
Penjelasan:
Soal Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda sebenarnya cukup mudah untuk dijawab. Semua pilihan jawaban adalah benar kecuali pilihan C.
Hal ini dikarenakan terdapat kata ‘kecuali’ dalam soal tersebut. Sehingga memudahkan pihak pengajar untuk menjawab soal tersebut.
Untuk memahami lebih lanjut mengenai jawaban dari soal tersebut, mari membahas setiap pilihan jawaban yang ada. Berikut ini adalah pembahasannya:
1. Pemahaman Murid Terhadap Konsep
Pada pilihan jawaban pertama atau pilihan A, terdapat tulisan pemahaman Murid terhadap konsep. Hal ini adalah benar untuk dilakukan oleh para tim pengajar.
Pada soal tersebut, Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda dan meminta para murid untuk menjelaskan jawaban dari pilihan mereka. Oleh karena itu, pilihan A adalah benar.
Mengapa demikian? Karena dengan meminta setiap murid untuk menjelaskan jawabannya akan membantu murid memahami konsep soal dan materi. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi murid karena dapat menjelaskan pemahaman yang didapat.
Selain menguntungkan bagi murid, ternyata teknik ini juga menguntungkan bagi guru. Menguntungkan dengan cara guru dapat melihat perkembangan pemahaman Murid terhadap konsep materi yang diberikan.
Guru akan mengetahui murid mana yang sudah paham dan murid mana yang belum memahami konsep tersebut. Sehingga guru mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan.
2. Miskonsepsi
Miskonsepsi adalah sebuah tindakan kesalahpahaman murid terhadap konsep materi. Hal ini memungkinkan murid untuk salah memahami materi yang diberikan dan hanya mengerti konsep yang ada di pikirannya saja.
Miskonsepsi merupakan masalah yang harus dicegah oleh para guru. Jika hal ini terus berlanjut pada para murid, maka murid tersebut akan memiliki pemahaman yang sesat dan berbeda dengan para ahli.
Dengan meminta murid untuk menjelaskan setiap jawabannya, maka guru dapat melihat murid yang mengalami miskonsepsi. Ini merupakan cara yang tepat untuk mencegah dan mengendalikan miskonsepsi tersebut.
3. Kesulitan yang Dihadapi Murid
Manfaat terakhir dari praktik meminta murid untuk menjelaskan jawabannya adalah mengetahui kesulitan yang dihadapi para murid. Manfaat yang satu ini sama saja dengan manfaat lainnya.
Setiap manfaat pasti akan menguntungkan murid. Hal ini karena segalanya berkaitan dengan murid dan untuk murid.
Mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh murid merupakan hal yang wajib untuk diketahui oleh para guru. Hal ini akan membuat para guru untuk memahami murid lebih dalam terutama dalam pemahamannya.
Membantu murid yang kesulitan dengan materi yang diberikan tentu merupakan tugas dari seorang guru. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memahami murid itu sendiri.
Itulah pembahasan soal Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda yang merupakan bagian dari post test merdeka mengajar. Seorang guru harus mengerti muridnya agar dalam memahami segalanya.