Pendidikan

Peraturan Hidup Yang Bersumber Dari Tuhan Disebut Norma? Ini Penjelasannya!

Peraturan hidup yang bersumber dari tuhan disebut norma? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang ditanyakan dalam mata pelajaran PPKn tingkat SMP.

Dalam hidup bermasyarakat ada yang namanya norma dan harus diperhatikan oleh setiap lapisan masyarakat. Norma sendiri ada beberapa jenis dengan sumber atau pedoman yang berbeda. Seperti misalnya yang akan diuraikan di bawah berikut ini.

Contoh Soal:

Peraturan hidup yang bersumber dari tuhan disebut norma …

A. agama

B. kesusilaan

C. kesopanan di hukum

Jawaban:

Jadi peraturan hidup yang bersumber dari tuhan ini merupakan norma agama. Sehingga jawaban yang tepat adalah opsi A yakni agama. Norma agama ini menggunakan dasar dan sumber dari tuhan sebagai acuannya.

Penjelasan:

Di Indonesia sendiri ada beberapa norma yang dijunjung dan dijadikan sebagai pedoman hidup. Salah satu diantaranya adalah norma agama yang akan diulas pada pembahasan kali ini. Jadi mari langsung simak ulasannya.

1. Norma Agama

Pertama yang akan diulas kali ini adalah pengertian dari norma agama. Jadi norma agama sendiri adalah aturan atau bisa disebut juga kaidah yang berguna sebagai petunjuk atau pedoman yang berasal dari tuhan. Sehingga ada anjuran maupun larangan.

Norma Agama sendiri berbeda dengan jenis lainnya, karena ini mengarah langsung pada hari seorang manusia. Juga sebagai sarana untuk mengatur hubungan vertikal antara manusia dan Tuhannya. Untuk sifatnya sudah tidak diragukan lagi.

Dalam norma agama berisi perintah dan juga larangan. Perintah sendiri adalah hal yang harus dilakukan dan wajib dikerjakan. Sedang untuk larangan adalah hal perbuatan yang tidak boleh dilakukan dan seharusnya dihindari.

2. Ciri-ciri Norma Agama

Setelah mengetahui sekilas tentang pengertiannya, maka perlu diketahui juga bahwa ada beberapa ciri-ciri di dalamnya. Hal ini akan memudahkan pelajar mempelajari ciri-ciri dalam norma ini. Seperti yang akan diulas, berikut.

  • Pertama adalah dengan bahwa norma agar atau dasar yang digunakan berasal langsung dari Tuhan.
  • Norma Agama juga bisa dicirikan dengan bersifat universal atau abadi dan tidak lekang oleh waktu.
  • Kemudian bisa hal ini dilaksanakan maka akan mendapatkan pahala, sedang jika ditingkatkan bisa membuat dosa.
  • Lalu norma ini juga bersifat komprehensif yang berlaku untuk setiap atau seluruh umat manusia.

3. Contoh Norma Agama

Setelah mengetahui tentang ciri-cirinya, maka ketahui pula tentang contohnya. Dengan mengetahui ciri dan contoh, maka akan lebih mudah dalam memahami pembahasan kali ini. Berikut adalah beberapa contohnya.

  • Contoh pertama adalah rajin beribadah, berdoa dalam segala hal yang hendak dilakukan dan sudah terjadi.
  • ┬áKemudian norma agama lainnya adalah tidak mencuri barang yang bukan milik sendiri.
  • Tidak menghina maupun mencela orang lain, juga tak membunuh, melukai orang lain, dan sebagainya.

Demikian adalah ulasan mengenai soal peraturan hidup yang bersumber dari tuhan disebut norma? Di mana norma kali ini bersumber langsung dari tuhan sehingga tidak diragukan kebenarannya. Yakni adalah norma agama.

Back to top button