Pendidikan

Pernyataan Yang Tepat Tentang Cara Memperoleh Logam Alkali Adalah

Seringkali dijumpai soal pernyataan yang tepat tentang cara memperoleh logam alkali adalah. Artikel ini dibuat untuk menjawab persoalan tersebut dimana soal ini sering dicantumkan dalam mata pelajaran KIMIA SMA. Simak penjelasan berikut untuk rincian lengkapnya.

Soal:

Pernyataan yang tepat tentang cara memperoleh logam alkali adalah

a. Adanya proses hidrolisis larutan garam klorida

b. Adanya reduksi garam klorida

c. Adanya proses oksidasi garam klorida

d. Adanya proses elektrolisis leburan garam klorida

e. Adanya proses pelarutan garam klorida

Jawaban:

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah D dikarenakan logam alkali tidak dapat dibuat dari proses elektrolisis larutan. Hal ini disebabkan oleh adanya air yang lebih mudah direduksi daripada golongan logam kation seperti alkali tersebut.

Pembahasan Mengenai Logam Alkali

Logam alkali merupakan salah satu unsur logam golongan A1 dalam tabel periodik. Terdapat beragam jenis dari logam alkali ini yaitu litium, natrium, kalium, rubidium, sesium, dan fransium. Dimana kesemua logam tersebut memiliki sifat yang mirip.

Sifat yang dimiliki tersebut ialah lunak, cenderung berkilau, dan juga sangat reaktif terhadap suhu dan tekanan. Saking lunaknya, logam-logam tersebut dapat dengan mudah dipotong menggunakan pisau. Sifat berkilaunya dapat membuat permukaannya cepat memudar di udara.

Sebagian besar logam alkali memiliki aplikasi yang berbeda. Salah satu aplikasi yang terkenal adalah dalam penggunaan rubidium dan sesium dalam jam atom. Jam atom tersebut memiliki nilai yang lebih akurat dan presisi dalam menunjukkan waktu.

Logam alkali yang berupa kalium dan natrium memiliki sifat reaktif yang tidak dapat dengan mudah ditemukan di alam bebas. Sehingga untuk bisa memperolehnya diperlukan metode tertentu yang dikenal dengan metode peleburan dari garam logam alkali.

Uraian Cara Memperoleh Logam Alkali

Elektrolisis leburan garam merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan logam alkali seperti natrium dan lainnya. Cara ini membutuhkan proses pelibatan leburan garam logam alkali dengan garam klorida seperti NaCI dengan adanya elektroda karbon.

Cara ini dimulai dengan dilakukannya peleburan garam di suhu tinggi sehingga nanti garam tersebut akan membentuk lelehan cairan. Kemudian, cairan lelehan tersebut akan dipindahkan pada wadah yang bukan logam dan ditambah dengan diberikan dua elektroda.

Elektroda tersebut berupa anoda dan katoda yang dicelupkan dalam leburan garam tadi selama dilakukannya proses elektrolisis. Anoda ini merupakan bahan yang dibuat dari karbon, sedangkan katoda merupakan bahan yang dibuat dari logam yang ingin diperoleh.

Saat arus listrik dialirkan lewat leburan garam tadi, ion-ion logam alkali tersebut akan bergerak ke elektroda negatif dan menerima elektron. Dari proses itulah nantinya akan terbentuk logam alkali murni yang terpisah dari larutan ion negatif.

Logal alkali tersebut akan menghasilkan logam murni dan gas. Kemudian gas yang dihasilkan tadi akan diambil menggunakan pipa yang telah tersambung dari adanya sel elektrolis. Maka dari situ dapat diperoleh logam alkali.

Demikianlah ulasan mengenai proses memperoleh logam alkali yang dilakukan dengan peleburan. Dikatakan bahwa proses ini cukup rumit dikarenakan tenaga dan energi yang dikerahkan lumayan kuat. Sehingga untuk melakukan proses ini harus dengan energi yang tinggi.

Related Articles