Pendidikan

Proses Elektrodialisis yang Dilakukan Terhadap Larutan Koloid Bertujuan Untuk?

Proses elektrodialisis yang dilakukan terhadap larutan koloid bertujuan untuk? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang mungkin muncul dalam mata pelajaran kimia. Oleh karenanya, artikel berikut akan menguraikan mengenai jawaban beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

Soal

Soal kali ini berbentuk pilihan ganda. Meski ada opsi jawaban yang bisa dipilih, namun soalnya tetap harus ditelaah dengan baik agar tidak salah menentukan jawabannya. Simak susunan soal ini untuk mengetahuinya:

Proses elektrodialisis yang dilakukan terhadap larutan koloid bertujuan untukā€¦

A. Memisahkan partikel-partikel koloid.

B. Mengendapkan partikel-partikel koloid.

C. Mengukur dimensi partikel-partikel koloid.

D. Membuang kelebihan ion-ion elektrolit dari larutan koloid.

E. Semuanya benar.

Jawaban

Untuk menemukan jawabannya, maka bandingkan semua opsi yang ada. Apabila disesuaikan dengan materi IPA, maka jawaban yang paling tepat ada di opsi D. Membuang kelebihan ion-ion elektrolit dari larutan koloid merupakan tujuan dari elektrodialisis.

Sedangkan jawaban lainnya bukanlah opsi yang tepat dan tidak sesuai dengan soal. Agar tidak salah, maka sesuaikan saja dengan jawaban yang sudah diberikan. Hal ini dikarenakan opsi A, B, C, dan E sangat tidak tepat.

Penjelasan

Proses elektrodialisis merupakan proses yang bertujuan untuk menghilangkan kelebihan ion dalam koloid. Biasanya, proses ini dinamai dengan pemurnian koloid dan hasilnya akan menjaga sistem kestabilan pada koloid.

Pada prosesnya, pemurnian koloid terdiri dari tiga tahapan berbeda. Jika sedang mendalami materi ini, maka harus paham juga dengan proses pemurnian koloid. Untuk mengetahuinya simak daftar metode yang ada di bawah ini:

1. Dialisis

Metode pertama yang bisa dilakukan adalah dialisis. Pada tahap dialisis, maka partikel koloid akan disaring dari ion-ion yang diadsorpsi. Dengan proses ini, maka ion berlebih bisa segera dihilangkan dari koloid.

Prosesnya akan bergantung pada kantong penyaring yang bersifat semipermeabel. Dengan kantong ini, maka ion dan molekul air bisa melewatinya sedangkan partikel koloid akan tersaring dan tidak akan ikut dengan air.

2. Elektrodialisis

Selain dialisis, metode pemurnian koloid lain yang bisa dilakukan adalah elektrodialisis. Tujuan proses ini juga masih sama yaitu untuk menghilangkan kelebihan ion dalam koloid. Hal ini sesuai dengan soal di atas.

Untuk melakukannya, maka proses ini dilakukan dengan medan listrik. Nantinya, medan listrik akan membuat proses pemurnian koloid akan berlangsung lebih cepat. Hasilnya juga baik dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Penyaring Ultra

Terakhir ada metode yang bernama penyaring ultra. Proses ini akan dilakukan dengan memanfaatkan kertas saring yang dimodifikasi. Tujuan modifikasi ini adalah untuk menciptakan pori-pori yang lebih kecil.

Meski metode ini memerlukan waktu untuk modifikasi, namun prosesnya tetap sering dipakai. Tujuannya juga masih sama yaitu untuk memurnikan koloid. Jadi tidak heran jika metode ini juga sering dimanfaatkan.

Daftar penjelasan di atas bisa dijadikan acuan untuk menentukan jawaban dari soal proses elektrodialisis yang dilakukan terhadap larutan koloid bertujuan untuk? Jadi jangan hanya mengetahui soalnya saja. Apabila penjelasannya sudah dipahami secara menyeluruh, maka proses menjawabnya akan lebih cepat.

Back to top button