Pendidikan

Dalam Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika, Pak Andi Memulai Tujuan

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai contoh soal seperti dalam penyusunan alur tujuan pembelajaran matematika, Pak Andi memulai tujuan pembelajaran mengenali benda geometris. Di bawah ini akan dipaparkan jawaban dari contoh soal secara singkat.

Soal

Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika, Pak Andi memulai Tujuan Pembelajaran mengenali benda geometris, kemudian dilanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai aturan teori objek geometris tersebut. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah

A. Pengurutan konkret-abstrak

B. Pengurutan deduktif

C. Pengurutan prosedural

D. Pengurutan mudah-sulit

Jawaban:

Melalui soal di atas, maka dapat ditemukan jawaban yang benar yaitu pilihan A. Pengurutan konkret-abstrak. Karena soalnya terpampang merupakan soal pilihan berganda, maka hanya satu jawaban saja yang benar.

Penjelasan:

Untuk dapat mengerti setiap soal dengan baik, maka diharapkan terlebih dahulu mengerti maksud dari pilihan jawabannya. Soal di atas memiliki beberapa pilihan jawaban, sehingga hanya ada satu jawaban yang benar yaitu pilihan A.

Pada penjelasan soal kali ini, akan membahas setiap pilihan jawaban dengan cermat. Hal ini diperuntukkan agar dapat lebih memahami soal dan pilihan-pilihan jawabannya.

1. Pengurutan Konkret-Abstrak

Pengurutan Konkret-abstrak adalah sebuah metode penyusunan alur tujuan pembelajaran yang sering digunakan untuk mencapai tujuan. Metode ini dilakukan dengan cara yang berbeda dengan metode yang lain.

Metode ini dijabarkan dengan aktivitas yang dilakukan seorang guru dengan menerangkan konsep yang konkret atau satu kesatuan. Kemudian, diikuti dengan menerangkan konsep atau materi yang bersifat abstrak atau inti dari pembahasan.

2. Pengurutan Deduktif

Metode pembelajaran yang satu ini biasanya dilakukan dengan menjelaskan hal-hal yang umum mengenai materi kepada para murid. Kemudian setelah itu para guru memaparkan materi yang lebih spesifik atau lebih lengkap.

Pengurutan deduktif biasanya akan membuat suasana kelas menjadi membosankan karena murid yang mulai lelah mendengar pemaparan materi. Akan tetapi, pengurutan ini akan membuat para murid memahami secara lengkap materi yang diberikan oleh para guru.

3. Pengurutan Prosedural

Metode yang satu ini jika diterapkan oleh para guru di ruang kelas, maka akan ampuh membuat para murid mengerti. Pengurutan Prosedural dilakukan dengan cara yang biasa dilihat dan dilakukan sehari-hari.

Pengurutan ini bersifat umum dengan cara guru yang menerangkan cara kerja sesuatu kepada muridnya. Hal ini akan membuat para murid mudah mengerti cara pengerjaan sebuah alat ataupun sebuah langkah membuat sesuatu.

4. Pengurutan Mudah-Sulit

Metode berikutnya yang dilakukan untuk mencapai alur tujuan pembelajaran adalah dengan pengurutan yang satu ini. Pengurutan Mudah-Sulit banyak digunakan oleh para guru Taman kanak-kanak hingga Sekolah Dasar.

Metode ini dilakukan dengan cara menjelaskan sesuatu atau materi yang lebih mudah untuk dipahami oleh murid. Kemudian para guru akan menjelaskan materi yang sulit setelah murid memahami materi yang mudah.

Dengan cara seperti itu, murid akan lebih mudah untuk mengingat materi dan pembelajaran. Dengan cara ini pula, alur tujuan pembelajaran akan tercapai dengan mudah.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh soal Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika yang dapat dipahami dengan mudah. Memahami pilihan jawaban terlebih dahulu akan membantu untuk menjawab soal dengan baik.

Back to top button