Pendidikan

Dimensi yang Membangun Kepedulian Murid Serta Kesadaran Bekerja Sama dengan

Terdapat soal mengenai dimensi yang membangun kepedulian murid serta kesadaran bekerja sama dengan orang lain adalah dengan beberapa pilihan jawaban. Jika sudah paham dengan soalnya, tentu akan mudah menjawab. Jadi, di sini akan diuraikan lebih terperinci.

Contoh Soal:

Dimensi yang membangun kepedulian murid serta kesadaran bekerja sama dengan orang lain adalah…

A. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
B. Berkebinekaan global
C. Bergotong royong
D. Mandiri

Jawaban:

Dari soal di atas, maka jawaban yang tepat adalah C, bergotong royong. Jadi dimensi yang dapat membangun rasa kepedulian dan kesadaran dalam bekerja sama adalah gotong royong. Jadi di sekolah pun biasanya diajarkan untuk bergotong royong.

Penjelasan:

Dimensi gotong royong merupakan salah satu yang ada dalam ajaran Pancasila yang menekankan untuk bekerja sama dengan orang lain. Tujuannya tentu adalah melatih anak supaya punya kebiasaan untuk bekerja sama. Gotong royong sendiri punya tiga elemen:

1. Kolaborasi

Elemen pertama yang ada dalam dimensi gotong royong adalah kolaborasi. Di mana seorang anak akan memiliki rasa senang dalam bekerja sama bersama tim, dan tentunya sikap yang positif dengan setiap perbedaan. Apalagi setiap orang punya keunikannya sendiri.

Kolaborasi ini akan mendorong seseorang untuk lebih mudah dalam menumbuhkan sikap kebersamaan. Juga agar tidak memiliki sifat individualisme yang kerap merugikan. Dengan kolaborasi juga akan menjauhkan dari persaingan maupun iri dengki.

Dalam hal ini siswa akan mempermasalahkan apa yang menjadi perbedaan di antaranya dengan yang lain. Di mana, siswa akan lebih terfokus untuk bersama dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Komunikasi sangat diperlukan dalam hal ini.

2. Kepedulian

Lalu untuk elemen yang kedua adalah sifat kepedulian. Ini tentu harus ada dalam dimensi gotong royong yang digunakan ajarkan kepada para siswa. Di mana kepedulian ini yang nantinya akan menjadikan seseorang memiliki rasa empati terhadap sesama.

Selain itu, dalam gotong royong juga diperlukan juga sikap tanggap dalam menghadapi segala situasi dan bisa diandalkan. Dalam bergotong royong juga harus paham dengan cara pandang orang lain. Di mana tidak semua punya cara yang sama.

Sikap seperti ini yang nantinya akan membantu menjalin hubungan yang baik dengan sesama insan. Jadi saat ada perbedaan yang terjadi, bisa dilakukan musyawarah bersama. Ini juga menjadi pokok penting dalam bergotong royong.

3. Berbagi

Kemudian untuk elemen yang terakhir adalah berbagi. Jadi dalam gotong royong tak hanya menyangkut kolaborasi dan kepedulian saja, namun juga berbagi. Di mana dalam pelajaran Pancasila memiliki pandangan yang positif terhadap ini.

Bahwa dalam hal ini harus punya pandangan yang baik soal memberi dan juga menerima. Jadi dalam bergotong royong adalah dengan mengedepankan kepentingan bersama bukan individu. Ini dilakukan secara sehat dan sesuai musyawarah.

Demikian tadi penjelasan soal Dimensi yang membangun kepedulian murid serta kesadaran bekerja sama dengan orang lain adalah untuk dipahami. Jadi dalam bergotong royong ada tiga elemen yang harus ada. Dengan begitu maka bisa mencapai yang dituju.

Back to top button