Pendidikan

Pola Lantai Vertikal Horizontal Dan Segitiga Pada Tarian Dikembangkan Dari? Ini Jawabannya

Terdapat soal mengenai pola lantai vertikal horizontal dan segitiga pada tarian dikembangkan dari, yang ada di pelajaran seni. Tentunya jika ingin jawaban yang benar, maka harus tahu mengenai pembahasan tersebut. Karena itu akan diuraikan secara jelas.

Contoh Soal:

Pola lantai vertikal horizontal dan segitiga pada tarian dikembangkan dari …

  1. Lengkung
    B. Garis Lurus
    C. Bundar
    D. Vertikal

Jawaban:

Untuk pilihan jawaban yang tepat dari soal tadi adalah garis lurus. Jadi jika dari pilihan jawaban yang tersedia, maka bisa dengan memilih jawaban pada bagian B. Karena jawaban A,C dan D bukan termasuk ke dalam pola lantai vertikal, horizontal dan juga segitiga.

Penjelasan:

Setelah tahu jawaban dari pertanyaan di atas, maka kali ini pun akan diulas mengenai penjelasan pola lantai. Mungkin masih sedikit bingung mengenai apa yang dimaksud dengan pola lantai ini. Karena itu akan dibahas pengertian juga fungsinya.

1. Pola Lantai

Perlu diketahui, bahwa pola lantai adalah sebuah aturan yang ada dalam seni tari untuk berpindah tempat dan juga cara bergerak. Entah itu untuk bergerak atau bergeser yang akan dilakukan oleh para penari. Tujuannya adalah para penari ini dapat menguasai panggung.

Tak hanya itu, pola lantai juga berfungsi agar tarian tampak tertata dan terlihat menarik. Jadi pola lantai sendiri sangat diperlukan dalam sebuah tarian. Bahkan ada beberapa fungsi yang ada di dalamnya.

2. Jenis Pola Lantai

Untuk pola lantai ada berbagai jenis, namun secara umum dibagi menjadi dua, yakni adalah pola lengkung dan juga garis lurus. Pola jenis garis lurus ini merupakan pola-pola lantai yang tersusun dari beberapa garis-garis lurus, yang ujungnya dikombinasikan satu sama lain.

Ini menjadi penjelasan yang masuk akal untuk keterangan pertanyaan di atas. Sedang untuk pola lantai lengkung sangat berbeda dengan garis lurus. Karena mengandung lengkungan-lengkungan dalam bentuk tarian dan setiap gerakannya.

3. Fungsi-fungsi Pola Lantai

Setelah mengetahui apa itu pola lantai, maka dalam bab ini akan disebutkan juga mengenai beberapa fungsinya. Jadi untuk fungsinya sendiri bukan hanya agar tampilannya rapi saja. Namun ada beberapa fungsi seperti yang akan diuraikan berikut:

  • Salah satu fungsinya adalah agar dapat menghindari tabrakan antara penari di atas panggung, entah itu tabrakan tangan atau badan.
  • Kemudian yang kedua adalah untuk membedakan gerakan tarian dari satu penari dan penari lainnya.
  • Kemudian pola lantai juga membantu agar penari dapat menguasai panggung pentas.
  • Pola lantai yang bagus juga akan membuat tarian yang ditampilkan lebih indah.
  • Juga agar para penari mendapatkan kesempatan agar dapat terlihat oleh para penonton.

Demikian adalah jawaban mengenai pertanyaan pola lantai vertikal horizontal dan segitiga pada tarian dikembangkan dari, yang bisa dipelajari. Sudah disebutkan juga mengenai dua jenis pola lantai. Sehingga bisa sekaligus mempelajari pembahasan yang telah diuraikan tadi.

Back to top button