Pendidikan

Cara Yang Paling Tepat Dan Cepat Untuk Mencegah Timbulnya Bakteri Pada Susu Adalah?

Bakteri memang menjadi salah satu senyawa yang dapat merusak makanan dan minuman. Untuk mengatasi hal tersebut sudah dilakukan upaya, agar bakteri bisa hilang dan tidak menimbulkan kerusakan pada makanan atau minuman. Berikut contoh soal dan penjelasannya.

Contoh Soal:

Cara yang paling tepat dan cepat untuk mencegah timbulnya bakteri pada susu adalah …

A. pasteurisasi

B. pembekuan

C. pemanasan

D. sterilisasi

E. pendinginan

Jawaban:

Agar tidak timbul bakteri pada susu dengan cara yang tepat dan cepat adalah melakukan sterilisasi. Jadi untuk pertanyaan tersebut jawaban yang bisa dipilih adalah D. Proses sterilisasi sendiri sudah umum dilakukan pada minuman untuk mencegah bakteri tumbuh.

Penjelasan:

Agar paham dengan jawaban yang diberikan, maka tentu kali ini pun akan diuraikan penjelasan terkait hal tersebut. Jadi kali ini pun akan diuraikan mengenai pengertian dari sterilisasi dan juga metodenya. Karena itu, tetap simak ulasannya:

1. Pengertian Sterilisasi

Perlu diketahui, bahwa sterilisasi didefinisikan sebagai upaya untuk membunuh mikroorganisme bahkan dalam bentuk spora sekalipun. Sterilisasi menjadi bagian penting yang harus dilakukan. Dengan tujuan, agar tidak mendapatkan atau menghindari status positif yang palsu.

Sterilisasi dilakukan dengan metode pemanasan menggunakan suhu yang tinggi. Hal ini agar bukan hanya mikroorganisme saja yang mati, namun juga untuk membuat spora. Terdapat banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi sterilisasi.

Beberapa faktor tersebut antara lain adalah seperti kondisi dari penyimpanan produk atau dari segi sifat produk. Untuk metode sterilisasi sendiri terbagi menjadi dua bagian. Antara lain adalah in-container.

Metode satu ini dilakukan untuk minuman atau makanan yang menggunakan kemasan kaleng, botol atau plastik. Kemudian yang kedua Menggunakan sistem continue flow untuk tipe pengolahan sangat tinggi. Dimana biasanya menggunakan pemanasan 140° hingga 150° selama dua detik.

2. Jenis-jenis Sterilisasi

Jika sudah mengetahui sekilas tentang apa itu sterilisasi, maka kali ini akan diulas juga mengenai jenis-jenisnya. Jadi untuk jenis sterilisasi ini dibagi menjadi dua metode, yakni secara fisika dan kimia. Pembahasan pertama mengenai fisika.

Untuk Metode secara fisika, sterilisasi ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pemanasan. Sterilisasi yang dilakukan dengan pemanasan juga ada dua tipe, yakni kering dan basah. Pemanasan kering bisa berupa pemijaran, pembakaran, insinerator dan sebagainya.

Sedang untuk pemanasan basah bisa dengan menggunakan suhu yang tinggi. Untuk mencegah bakteri pada usus sendu sebenarnya juga bisa dilakukan dengan pasteurisasi. Biasanya ini dilakukan dalam pembuatan yogurt atau lainnya.

Namun yang membedakan adalah, karena pasteurisasi ini tidak bisa membunuh spora pada susu. Suhu yang digunakan pada pasteurisasi ini juga lebih rendah ketimbang sterilisasi yang bisa membunuh spora. Jadi tindakan yang paling tepat adalah melakukan sterilisasi.

Demikian adalah ulasan mengenai upaya atau cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya bakteri pada susu. Untuk pilihan jawaban yang diberikan semua masuk akal. Namun yang paling tepat dan cepat untuk dilakukan adalah sterilisasi atau D.

Back to top button