Pendidikan

Posisi Awal Tolak Peluru Awalan Menyamping adalah? Inilah Jawabannya

Soal tentang awal tolak peluru yang menyamping sering kali ditanyakan. Oleh karenanya, pada artikel ini akan diinformasikan struktur soalnya beserta jawaban dan penjelasan lengkapnya. Inilah informasi lengkapnya:

Soal

Bahan pertama yang akan diinformasikan adalah soalnya terlebih dahulu. Satu soal kali ini berbentuk pilihan ganda dengan empat opsi jawaban yang bisa dipilih. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

Posisi awal tolak peluru awalan menyamping adalah

  1. Membelakangi arah tolakan.
  2. Menghadap arah tolakan.
  3. Sektor lemparan di samping kanan.
  4. Sektor lemparan di samping kiri.

Jawaban

Untuk soal tersebut, maka jawaban yang benar ada pada opsi D yaitu sektor lemparan di samping kiri. Pemilihan jawaban ini tentu tidak sembarangan dan sudah dipertimbangkan dari materi yang ada serta prakteknya langsung.

Sedangkan opsi A yaitu membelakangi arah tolak bukanlah jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut. Hal ini dikarenakan proses melempar akan berbeda arah jika dilakukan dengan membelakangi arah tolakannya.

Kemudian opsi B juga bukan jawaban yang tepat. Saat akan melempar menghadap arah tolakan, maka pelempar akan kesulitan menyesuaikan arah lemparan. Oleh karenanya, kondisi ini bukanlah jawaban yang tepat untuk dimanfaatkan.

Opsi C yaitu sektor lemparan di samping kanan juga bukan jawabannya. Hal ini dikarenakan tidak sesuai dengan arahan yang ada dalam buku pembelajaran SD/MI yang resmi. Pada materi yang ada, sektornya ada di samping kiri.

Penjelasan

Berdasarkan buku pendidikan jasmani SD/MI karya Uly Amalia dkk, teknik dasar tolak peluru terdiri dari lima tahapan berbeda. Untuk melakukan tolak peluru yang benar, maka tahapan teknik dasarnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, peluru bisa diletakkan di telapak tangan. Sedangkan jari-jari direnggangkan agar cengkraman peluru bisa maksimal.
  • Kemudian posisikan peluru di bagian bahu atau pundak serta menempel pada leher. Pastikan cengkeraman tidak mengendur.
  • Lalu posisikan badan dengan baik. Kaki kiri harus lurus ke bagian depan, kaki kanan di bagian belakang, serta lutut ditekuk. Jangan lupa untuk memposisikan badan menyamping dengan siku tangan kiri ditekuk.
  • Selanjutnya peluru di dorong kuat-kuat dengan arah lurus dengan sudut lemparan 40 derajat.
  • Terakhir, buat posisi akhir dengan kaki kanan mendarat, kaki kiri harus lemas dan diangkat ke belakang, serta badan agak condong ke bagian depan. Sedangkan tangan kiri ke bagian bawah belakang dan siku bagian kanan ditekuk ke arah depan condong dekat perut.

Dengan arahan tersebut, maka terbentuklah arah tolakan yang ada di sektor samping kiri. Melalui posisi ini, maka proses melakukan tolak peluru akan lebih mudah. Hasilnya juga akan maksimal sesuai dengan keinginan.

Itulah penjelasan lengkap tentang soal posisi tolak peluru. Selain soal, sudah diinformasikan pula jawaban beserta dengan penjelasannya. Jadi semua informasi tersebut bisa dijadikan bahan belajar yang lengkap dan kompleks.

Back to top button