Pendidikan

Dalam Bola Voli Pemain Penyerang Utama Dinamakan? Simak Jawabannya!

Dalam bola voli pemain penyerang utama dinamakan? Merupakan salah satu contoh soal yang ada pada materi pembelajaran penjaskes di tingkat SMA.

Seperti yang sudah diketahui semua orang terkait permainan Bola voli yang cara bermainnya terdiri dari 6 orang yang memiliki peran masing-masing untuk memenangkan permainan. Kali ini pembahasan terkait pertanyaan dalam bola voli pemain penyerang utama disebut apa? Mari simak penjelasan singkat berikut ini.

Soal

Dalam bola voli pemain penyerang utama dinamakan

A.Setter

B.Pelempar

C.Penghancur

D.Libero

E.Pemblokir

Jawaban

Dari pilihan diatas jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas terkait nama penyerang utama dalam permainan bola voli disebut C.Smasher. Berikut dibawah penjelasan lengkapnya.

Penjelasan

Untuk pemula bagi yang ingin mencoba permainan bola voli tepatnya harus memahami 6 peran pemain di dalam voli. Keenam Posisi pemain voli yang dapat dijelaskan beserta tugas, posisi dan tanggung jawab masing-masing.

Dalam permainan bola voli posisi pemain memiliki tugas utama untuk membentuk tim yang solid dengan membangun strategi dan kerjasama yang baik. Berikut posisi pemain pada olahraga bola voli, simak ulasan berikut ini.

1. Server

Pemain Server yang bertugas melakukan servis dengan mengirimkan bola ke area tim lawan sebagai tanda dimulainya pertandingan. Bagi tim yang mendapatkan poin dapat menikmati keuntungan melakukan servis.

Perlu diperhatikan bagi pemain voli yang sedang melakukan server untuk mengetahui aturan. Aturan melakukan servis seperti pemain dilarang melewati batas lapangan, dan juga tidak melakukan foot fault dan sebagainya.

2. Pengumpan (tosser atau set-upper)

Posisi selanjutnya ditempati oleh Tosser atau set-upper yang memiliki tugas dalam olahraga bola voli sebagai pemberi umpan pada tim terutama pada Smasher guna menyerang tim lawan.

Aturan permainan bahwa posisi tosser hanya diperbolehkan melakukan pukulan satu kali dengan diarahkan ke atas ke smasher. Posisi tosser ini menjadikan penentu bagi sukses ataupun gagalnya suatu pukulan yang dilakukan Smasher.

3. Pemukul (Pemukul)

Smasher atau spiker merupakan posisi yang bertugas sebagai penyerang utama tim lawan. Posisi ini memiliki fungsi untuk menyerang lawan dengan memukul bola dengan keras ke arah lawan untuk mencetak poin dengan pukulan kuat, cepat dan tepat.

Peran Smasher bagi permainan ini sangat penting untuk mencetak poin yang unggul dari lawan. Tujuan smasher itu sendiri untuk mengelabui lawan agar bola sulit diterima.

Semua pemain voli terutama peran smasher harus mencari dan memanfaatkan peluang sebaik mungkin serta membaca situasi untuk menembus tim lawan.

4. Pembendung (penghalang)

Peran Blocker atau pembendung cukup penting untuk menjaga area permainan agar bola dari tim lawan masuk mencuri poin. Menjadi blocker cukup sulit karena harus mempertahankan bola dari lawan.

Menjadi seorang blocker harus mengerti beberapa aturan agar tidak dilanggar yaitu jangan melewati garis lapangan ataupun sekalipun menyentuh net dan lain sebagainya.

5. Cover (penutup)

Posisi cover sebagai pemain yang bertanggung jawab dan juga bertugas melindungi area lapangan yang kosong yang menjadi sasaran peluang serangan lawan. Tujuan posisi cover ini untuk mengontrol bola yang masuk area dari tim lawan.

6. Libero

Peran Libero sebagai pemain yang menerima serangan dan tidak boleh melakukan serangan serta pertahanan. Selain itu, memiliki peran utama untuk membantu tim lain dalam mempertahankan area agar tidak dibobol lawan dan memperkuat tim.

Peran Libero sangat diandalkan untuk menerima serangan lawan dan mempertahankan areanya sendiri. Peran ini juga bebas bertukar posisi dengan posisi pemain lainnya.

Demikian penjelasan penting mengenai soal dalam bola voli pemain penyerang utama dinamakan? Perlu diketahui bahwa posisi dan tanggung jawab dari masing-masing pemain bola voli yang harus diketahui baik nantinya sebagai penonton maupun pemain hal ini menjadi poin penting.

Back to top button