Pendidikan

Proses yang Terjadi Pada Bagian X Adalah? Simak Penjelasannya!

Proses yang terjadi pada bagian x adalah? Keingintahuan manusia pada dirinya sendiri tidak pernah hilang. Selalu saja ada hal baru yang ditanyakan.

Para ahli pun berlomba-lomba untuk mengetahui jawabannya. Salah satu yang menarik untuk diteliti oleh para ahli di bidang biologi adalah tentang struktur sel manusia. Berikut adalah soal yang terkait dengan hal tersebut.

Soal tentang Mitokondria

Jika X adalah mitokondria, Y adalah nukleus, dan Z adalah sitoplasma, proses yang terjadi pada bagian X adalah……

A. glikosis.

B. apoptosis.

C. mitosis.

D. replikasi DNA.

E. transkripsi.

Pilihlah satu jawaban yang tepat. Selanjutnya, jelaskan lebih lanjut tentang struktur yang terkait dengan bagian X tersebut.

Jawaban Soal

Pada soal disebutkan bahwa bagian X adalah mitokondria. Nama mitokondria diambil dari gabungan dua kata, yaitu mito dan chodrion. Mito berarti “benang” dan chodrion berarti “granular”. Jadi, mitokondria merupakan organel sitoplasma yang berbentuk granular.

Salah satu proses yang terjadi dalam mitokondria adalah proses apoptosis. Proses ini merupakan kematian sel yang menua dan rusak. Keberlangusngan proses ini sangat penting bagi manusia. Alasannya adalah karena proses ini akan membuang sel yang rusak ke luar dari tubuh.

Sementara itu, salah satu proses yang terjadi di nukleus adalah proses replikasi DNA, transkripsi, dan mitosis. Adapun proses yang terjadi di sitoplasma di antaranya adalah glikosis dan meiosis.

Berdasarkan uraian ini, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah poin b. Pada intinya, proses kematian sel yang menua dan rusak (apoptosis) akan bermanfaat dalam menyeimbangkan jumlah sel normal.

Penjelasan Lebih Lanjut

Mitokondria merupakan salah satu struktur subselular yang terdapat di dalam sel. Struktur subselular atau organel ini memiliki struktur tertentu, sehingga tentu akan berbeda dengan organel sel lainnya.

Ada empat bagian utama dalam struktur mitokondria. Pembagiannya adalah membran luar dan membran dalam. Selanjutnya adalah ruang antar membran dan matriks yang terletak di dalam membran. Berikut adalah penjelasan tentang keempat struktur mitokondria.

  • Membran luar, merupakan bagian pembungkus mitokondria dan mengandung banyak protein. Selain protein, enzim juga banyak terdapat dalam membran luar. Fungsi enzim sangat penting dalam proses pengiriman lipid menuju matriks.
  • Membran dalam, merupakan struktur lembaran berlipat-lipat yang disebut dengan krista. Adapun ruang kosong di dalam lipatan membran disebut matriks.
  • Ruang antar membran, terdapat di antara membran dalam dan juga luar. Di ruang antar membran ini berlangsung reaksi β-oksidasi asam lemak dan juga sebuah reaksi oksidasi asam amino.
  • Matriks, merupakan ruang tempat terjadinya beberapa proses metabolisme.

Itulah uraian mengenai soal proses yang terjadi pada bagian x adalah? Yang bisa dipelajari dengan lebih mendalam. Struktur sel manusia tentu saja rumit. Di dalamnya terdapat beberapa komponen yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Akan tetapi, fungsi utamanya tetap satu, yaitu membangun jaringan dan organ tubuh. Hal yang selalu mengagumkan dari bagian terkecil makhluk hidup ini adalah kemampuannya menyerap nutrisi makanan dan mengubahnya menjadi sumber energi.

Back to top button