Pendidikan

Kemampuan Manusia Untuk Menjangkau Nada Nada Disebut? Kunci Jawaban Seni Budaya

Soal kemampuan manusia untuk menjangkau nada nada disebut? Akan ditemui pada latihan soal seni budaya Sekolah Menengah Pertama. Selain itu soal tersebut juga dapat masuk pada semester untuk kenaikan kelas.

Tentu soal yang diberikan sudah sesuai dengan kurikulum yang diterapkan pada sekolah tersebut. Namun tidak semua peserta didik dapat memahaminya, karena soal-soal cukup sulit dan rumit.

Soal

Kemampuan manusia untuk menjangkau nada nada disebut…

A.Interval

B.Ambitus

C.Akor

D.Range

Jawaban

Kemampuan manusia untuk menjaga nada-nada disebut B. Ambitus

Pembahasan

Kemampuan manusia untuk menjaga nada-nada tentu dilakukan pada rentang frekuensi atau suara. Nada-nada yang dihasilkan oleh suara manusia bisa disebut dengan rentang nada atau kata lainnya ambitus.

Ambitus sendiri memiliki banyak faktor tergantung pada suara manusia. Faktor tersebut bisa dilihat dari latihan vokal atau faktor genetik yang dapat mencapai standar pada skala musik.

Tentu setiap penyanyi memiliki kemampuannya masing-masing untuk menjangkau ambitus yang lebih luas lagi. Hal ini dikarenakan ambitus sendiri dapat dibedakan tergantung pada jenis usia, kondisi fisik seseorang, bahkan kelamin.

Jenis suara berdasarkan ambitus pada manusia dapat dilihat pada anak-anak dan orang dewasa. manusia memiliki ambitus suara yang berbeda-beda baik itu dapat dilihat dari nada tinggi ataupun nada rendah saat bernyanyi.

Suara Anak-Anak

Pada suara anak-anak memiliki jenis suara yaitu sopran yang tidak melihat jenis kelamin pada anak tersebut. Maka dari itu suara anak laki-laki bisa lebih melengking dibandingkan dengan perempuan.

Suara laki-laki dan perempuan pada anak-anak memiliki perbedaan yang dapat dilihat ketika beranjak dewasa. Biasanya ditandai dengan munculnya jakun pada anak laki-laki.

Bisa ditandai bahwasannya nada suara anak memiliki perbedaan yaitu pada suara tinggi dan rendah. Namun umumnya suara pada laki-laki ataupun perempuan memiliki keberadaan di wilayah nada yang sama.

Suara Dewasa

Suara orang dewasa tentu memiliki perbedaan dari sisi laki-laki dan perempuan tergantung wilayah nadanya. Wilayah nada yang ada pada suara laki-laki dan juga pada perempuan dewasa, bisa dibedakan menurut ketinggian jangkauan suaranya.

Suara Perempuan Dewasa

Suara perempuan dewasa dapat dibedakan menjadi tiga macam yang tentu masing-masingnya memiliki perbedaan. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut apa saja suara pada perempuan dewasa.

  • Suara sopran, suara wanita yang bertipe sopran ini dapat menjangkau nada tinggi.
  • Suara Mezosopran, untuk suara mesin sopran dapat menjangkau nada sedang yang wilayah nadanya berada di antara suara sopran dan alto.
  • Suara alto, suara Alto sendiri bisa dibilang suara yang memiliki ambitus sedang.

Suara Lelaki Dewasa

Tidak berbeda dari suara perempuan dewasa pada lelaki ini juga dapat tergolongkan menjadi tiga jenis kategori suara. Berikut diantaranya:

  • Suara Tenor, tenor ini memiliki tipe suara yang jangkauan nadanya cukup tinggi.
  • Suara Bariton, untuk suara bariton memiliki tipe suara dengan jangkauan nada sedang.
  • Suara Bas, sedangkan suara bass memiliki jangkauan nada yang cukup rendah.

Di atas sudah dijelaskan kemampuan manusia untuk menjangkau nada nada disebut ambitus. Selain itu di atas juga dijelaskan jenis-jenis suara yang terbagi menjadi dua yaitu anak-anak dan dewasa.

Back to top button