Pendidikan

Tujuan Pembelajarannya Adalah Siswa Mampu Memahami Prosedur?

Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D) merupakan bagian dari post modul 6 materi profil pelajar Pancasila. Adapun penjelasan dari jawaban selengkapnya akan dijelaskan pada bawah ini.

Soal

Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA.

Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya.

Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari…
A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberikan langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri pemahamannya
B. Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi yang diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin
C. Jawaban a dan b benar
D. Tidak ada jawaban yang benar

Jawaban:

Tujuan dari pembelajaran yang diajarkan Bu Omas adalah agar murid memahami prosedur keselamatan kerja di laboratorium. Sehingga jawaban yang benar dari soal tersebut adalah pilihan C. Jawaban a dan b benar.

Penjelasan:

Pada pilihan A, Ibu Omas ingin semua muridnya dapat memperoleh dan memproses gagasan yang di dapat. Dengan membawa langsung para murid ke laboratorium membantu untuk lebih memahami setiap kecelakaan yang sering terjadi di laboratorium.

Dengan mempelajari secara langsung kecelakaan-kecelakaan yang terjadi pada laboratorium IPA, maka akan membantu murid untuk lebih berhati-hati. Oleh karena itu, berikut beberapa kelebihan yang didapat dari pemahaman langsung ke laboratorium, diantaranya:

1. Memperoleh Pemahaman Praktis

Pada saat berada di laboratorium, murid bebas untuk bereksperimen. Sehingga para murid dapat memperoleh pemahaman praktis secara langsung dan meningkatkan kualitas diri sendiri.

Melalui eksperimen dan observasi secara langsung pula, para murid akan mudah untuk memahami teori. Hal ini juga membantu memperkuat pemahaman teori pada buku yang dipelajari.

2. Meningkatkan Keterampilan Laboratorium

Tidak sembarang orang dapat masuk ke laboratorium IPA, hanya orang yang sudah memiliki izin yang dapat masuk dan melakukan penelitian. Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan khusus untuk memahami setiap hal di laboratorium.

Laboratorium IPA seringkali berisikan hal-hal yang cukup bahaya seperti zat kimia. Jika diberikan pemahaman secara langsung, maka para murid akan memahami seluruh keterampilan laboratorium dan tidak melakukan kecelakaan.

3. Mendorong Pemikiran Ilmiah

Mempelajari pelajaran IPA bukanlah hal yang mudah, murid harus mempelajari setiap hal secara teliti. Dengan melakukan penelitian langsung di laboratorium dapat membantu murid untuk berpikir secara ilmiah.

Dengan memahami setiap kejadian di laboratorium akan membantu para murid memiliki pikiran ilmiah dan memahami segala hal. Melalui pemahaman langsung, murid akan mampu untuk merancang eksperimen hingga membuat kesimpulan berdasar bukti.

4. Menumbuhkan Kerja Sama Tim yang Baik

Pada saat berada di laboratorium, para murid harus bisa bekerja secara kelompok. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan sebuah eksperimen tidak dapat bekerja sendiri harus membutuhkan tim.

Melalui observasi laboratorium yang diajarkan, maka murid akan mampu memahami kerja tim yang baik. Kerja tim tersebut seperti mampu memimpin tim, mendengar seluruh pendapat anggota, tidak egois dan memikirkan keselamatan bersama.

5. Memahami Keselamatan dan Etika

Berada di laboratorium bukan hanya untuk mempelajari sesuatu hal yang baru. Melainkan lebih mengutamakan keselamatan dan etika yang ada.

Mengetahui mengenai keselamatan pada saat bekerja di laboratorium akan membantu murid untuk memahami dunia profesional nantinya. Selain itu, etika juga diperlukan untuk dunia profesional.

Dunia profesional bukan hanya melakukan eksperimen biasa saja. Melainkan mampu memahami kode etik profesional dan membuat eksperimen yang akurat sehingga dapat dipercaya publik.

Demikianlah pembahasan mengenai soal Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D) pada post modul 6 materi profil pelajar Pancasila. Pembelajaran langsung ke laboratorium merupakan hal yang benar, namun dengan tetap mementingkan keselamatan.

Back to top button