Pendidikan

Bagaimana Pelaksanaan Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Kontekstual

Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual? Pertanyaan ini terdapat dalam pertanyaan cerita reflektif yang ada dalam Platform Merdeka. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, simaklah penjelasan dan pembahasan berikut di bawah ini:

Pertanyaan

Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual?

Jawaban

Jawaban pertanyaan diatas adalah terdapat tujuh prinsip dalam penyusunan alur pembelajaran yaitu:

  • Sederhana dan Informatif.
  • Adaptif dan Fleksibel.
  • Esensial dan Kontekstual.
  • Operasional dan Aplikatif.
  • Berkesinambungan.
  • Merdeka Belajar.
  • Pengoptimalan tiga aspek kompetensi.

Pembahasan dan Penjelasan

Dalam kurikulum yang terbaru yaitu Kurikulum Merdeka yang telah menggantikan Kurikulum 2013 yang sebelumnya diterapkan. Pada Kurikulum Merdeka terdapat penerapan baru seperti Modul dalam Pembelajaran, Pencapaian Pembelajaran, serta Alur Tujuan dalam Pembelajaran yang diterapkan sebagai panduan dan sistem pembelajaran yang dilakukan.

Prinsip Penyusunan Alur Tujuan dalam Pembelajaran

Adanya penyusunan alur tujuan dalam pembelajaran dilakukan untuk merencanakan dan memberikan arahan yang tepat pada para guru dalam melakukan pembelajaran agar sesuai dengan sistem, konsisten, dan sesuai dengan arah yang diterapkan oleh pemerintah. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Sederhana dan Informatif

Pada perumusan alur tujuan pembelajaran yang pertama harus sederhana dan informatif karena agar mudah untuk dipahami namun juga tetap memberikan informasi yang lengkap tetapi dengan penafsiran yang tidak membingungkan.

2. Esensial dan Kontekstual

Untuk alur tujuan pembelajaran yang kedua ini harus adanya aspek pembelajaran yang dasar tetapi berisi semua yang penting seperti kompetensi, konten, serta hasil dari pembelajaran. Selain itu, perlu adanya memberikan pengalaman kehidupan nyata dalam penerapan metode pembelajaran.

3. Berkesinambungan

Dalam alur tujuan ini dilakukan agar pembelajaran harus dilakukan secara sistematis, runtut, dan berjenjang yang ditetapkan untuk setiap mata pelajaran. Untuk penyusunannya harus dilakukan berdasarkan urutan setiap pembelajaran sesuai dengan waktunya.

4. Pengoptimalan Ketiga Aspek Kompetensi

Perlu adanya pengoptimalan tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus sesuai dengan tahapan kognitif pada setiap jenjangnya. Tujuan dari optimalisasi yang dilakukan ini agar nantinya para siswa lebih menumbuhkan kecakapan hidup dalam menghadapi masalah-masalah sehari-hari.

5. Merdeka Belajar

Melakukan memerdekakan diri yang dilakukan pada siswa akan membantu dalam berpikir dan berperilaku baik secara akademis maupun tanggung jawabnya dalam masyarakat. Serta dapat meningkatkan kreativitas dan keunikan dalam setiap siswa.

6. Operasional dan Aplikatif

Untuk prinsip alur tujuan pembelajaran ini bertujuan dalam memvisualisasikan serta mendeskripsikan seluruh dari proses pembelajaran dan penilaian yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang modulasi pembelajaran yang akan dilakukan.

7. Adaptif dan Fleksibel

Prinsip alur tujuan pembelajaran yang terakhir ini memiliki tujuan untuk mempertibangkan alokasi waktu antar mata pelajaran dan karakteristik mata pelajaran yang akan dipelajari siswa. Serta ini juga mencangkup seluruh lingkup pembelajaran yang lainnya seperti ekstrakurikuler.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual yang dapat membantu menjawab pertanyaan diatas. Dengan mengetahui penjelasan tersebut, diharapkan siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi tersebut.

Back to top button