Pendidikan

Besar Gaya Gravitasi Antara Dua Benda yang Berinteraksi Adalah? Ini Penjelasannya!

Besar gaya gravitasi antara dua benda yang berinteraksi adalah? Merupakan salah satu pertanyaan pada mata pelajaran fisika di tingkat SMA kelas 10.

Hukum gravitasi tak hanya ditemukan pada benda yang jatuh ke bawah saja. Namun pembahasan mengenai gravitasi sangatlah luas seperti halnya pada antara dua benda yang saling berinteraksi. Karena itu, di bawah ini akan diuraikan penjelasannya.

Contoh Soal:

Besar gaya gravitasi antara dua benda yang berinteraksi adalah …

A. Sebanding dengan kuadrat jarak kedua benda

B. Sebanding dengan kuadrat massa kedua benda

C. Berbanding terbalik dengan jarak kedua benda

D. Berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda

E. Berbanding terbalik dengan kuadrat massa kedua benda

Jawaban

Dari pertanyaan tersebut, maka jawaban yang paling tepat dari semua pilihan yang tersedia adalah D. Jadi besar dari gaya gravitasi dari kedua benda yang saling berinteraksi adalah Berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda. Tentu jawaban ini pun memiliki penjelasan.

Pembahasan:

Pembahasan tentang gravitasi memang sedikit rumit untuk dipelajari sehingga membutuhkan yang namanya ketelitian. Gaya gravitasi sendiri adalah pembahasan yang ada pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Kali ini pun akan diuraikan penjelasan dari pertanyaan tersebut.

1. Pengertian Dari Gravitasi

Sebelum mengulas hal yang lebih spesifik, maka kali ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari gravitasi. Gaya gravitasi adalah hal yang sangat ada di sekitar kehidupan manusia. Gravitasi sendiri merupakan gaya tarik menarik antara satu benda dengan lainnya.

Lebih umum, gravitasi ini adalah gaya yang biasanya dimiliki oleh planet salah satunya adalah bumi. Meski begitu, dikatakan juga bahwa setiap benda yang memiliki massa juga mempunyai gaya gravitasi. Gravitasi bisa besar atau kecil.

Semakin besar massa dari suatu benda maka bisa mempengaruhi benda yang ada di sekitarnya. Gaya gravitasi sendiri dipengaruhi oleh gaya tarik suatu benda pada suatu pusatnya. Newton adalah pencetus pertama dari gagasan ini.

Gagasan mengenai gaya gravitasi sendiri muncul saat Newton mengamati buah apel yang jatuh. Dari hal ini, akhirnya diteliti lebih lanjut dan timbullah gagasan bahwa benda yang jatuh ke bawah diakibatkan gravitasi bumi. Dengan penjelasan terperinci lainnya.

2. Besaran Gaya Gravitasi

Setelah mengetahui sekilas tentang gravitasi, maka kali ini akan diulas tentang besarannya. Seperti yang dijadikan soal tadi, yakni mengenai besaran gaya Gravitasi yang timbul dari dua benda yang berinteraksi. Berikut untuk penjelasannya.

Jadi besaran gaya gravitasi saat kedua benda berinteraksi adalah berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda. Untuk penjelasan lengkapnya sendiri sudah dijelaskan dalam smart book fisika. Berikut adalah kutipannya.

Jadi dalam buku tersebut disebut bahwa besaran gaya gravitasi ini adalah berbanding lurus dengan jumlah massa masing-masing benda. Juga berbanding terbalik dengan bilangan kuadrat jarak kedua. Dengan poin ini setidaknya sudah bisa lebih menjelaskan maksudnya.

Demikian adalah penjelasan mengenai besar gaya gravitasi antara dua benda yang berinteraksi adalah? Sudah dijelaskan juga mengenai pengertian dari gaya gravitasi yang merupakan gagasan dari Newton. Sehingga akan bisa lebih paham.

Related Articles