Pendidikan

Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Transformatif Pada Projek Pembelajaran Yang Akan Dilakukan

Soal dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, bu monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial. Hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu, kecuali terdapat di platform Kurikulum Merdeka Mengajar Modul 1 Kurikulum Merdeka. Simak penjelasan berikut untuk menjawab dengan benar.

Soal:

Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, bu monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. agar murid melakukan aksi dengan tepat, bu monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali…

a. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan

b. Mengajak murid untuk mengantisipasi sesuai konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan

c. Mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut

d. Mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda

Jawaban:

Jawaban pertanyaan tersebut yaitu A. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan.

Pembahasan:

Perhatikan perintah yang ada di soal dengan teliti. Terdapat kata ‘kecuali’ dalam soal tersebut sehingga peserta merdeka mengajar perlu menjawab pilihan yang benar dari pilihan (A), (B), (C), dan (D). Jangan sampai keliru untuk menjawab soal yang mengandung kata ‘kecuali’.

Pilihan (B), (C), dan (D) perlu dilakukan sebelum melakukan kegiatan inti. Sedangkan pada pilihan (A) termasuk dalam kegiatan yang perlu dilakukan setelah kegiatan inti karena terdapat kata ‘evaluasi’. Maka, yang tidak termasuk dilakukan diawal yaitu pilihan (A).

Pertanyaan di atas termasuk dalam pembelajaran transformatif. Perlu adanya pemahaman lebih lanjut mengenai konsep dari pembelajaran transformatif. Siswa perlu memperhatikan penjelasan bu Monik juga. Karena hal tersebut mengarah pada perubahan mendasar dalam diri peserta didik.

Informasi Tambahan

Pembelajaran transformatif adalah pembelajaran mengajak siswa untuk mengembangkan pola pikirnya. Perubahan mindset tersebut dapat terjadi dengan proses sosial yang membuat siswa memahami jika hubungan sosial dan budaya dapat mempengaruhi kepercayaan dan perasaan mereka.

Sebuah pembelajaran dikatakan transformative apabila siswa mengalami dampak perubahan yang cukup drastis dari dirinya. Apabila siswa tidak mengalami adanya perubahan, tandanya pembelajaran tersebut tidak dapat dikatakan pembelajaran transformatif.

Pembelajaran transformatif memiliki prinsip memberikan tantangan dengan tujuan menilai sistem dan pandangan hidupnya sendiri. Lalu, siswa akan diberi pengalaman transformative tersendiri. Artinya, pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman yang menarik.

Strategi Pembelajaran Transformatif

Pembelajaran transformatif melibatkan beberapa pendekatan untuk mendukung adanya transformasional pada setiap individu. Berikut akan dijelaskan beberapa strategi pembelajaran transformatif.

1. Pemahaman Kontekstual

Strategi ini berhubungan dengan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan siswa. Topik pembelajaran yang nyata dan signifikan dapat membantu siswa melihat hubungan antara materi dengan kehidupan sehari-hari.

2. Pemikiran Kritis

Pemikiran kritis termasuk dalam aspek penting dalam pembelajaran transformatif. Siswa akan diminta menggali lebih banyak asumsi, keyakinan, dan pandangan dunia mereka. Hal ini akan melibatkan memeriksa sumber informasi dan menganalisis argument.

3. Refleksi Diri

Proses refleksi diri akan mengajak siswa memahami diri sendiri, nilai-nilai dan pengalaman hidup. Proses refleksi yang terarah akan menyebabkan siswa mendapat pemahaman yang lebih mendalam tentang diri sendiri.

Secara keseluruhan, pembelajaran transformatif mempunyai konsep pembelajaran yang sangat penting dalam melakukan tugas sebagai peserta Merdeka Mengajar. Konsep yang dipahami oleh peserta Merdeka Mengajar akan memberikan dampak yang positif kepada siswa.

Begitulah pembahasan tentang soal dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, bu monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial. Hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu, kecuali. Tambahan informasi tentang pembelajaran transformatif dapat digunakan untuk menambah wawasan peserta Merdeka Mengajar.

Back to top button