Pendidikan

Di Bawah Ini Adalah Tiga Wadah Dasar Proses Pembentukan Pendidikan Murid

Tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar Dewantara merupakan salah satu buah pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan. Untuk memahaminya perlu diketahui apa saja tiga wadah tersebut.

Tri Sentra Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara menjadi dasar pemikiran dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Berikut pertanyaan, jawaban dan pembahasanĀ  mengenai tiga wadah dasar tersebut.

Pertanyaan

Di bawah ini adalah tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar Dewantara, kecuali …

A. Keluarga

B. Diri sendiri

C. Pergerakan pemuda

D. Perguruan

Jawaban

Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan diatas adalah D. Perguruan. Karena perguruan merupakan salah satu lembaga pendidikan dan bukan merupakan tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid menurut Ki Hadjar Dewantara.

Pembahasan

Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan ini, tentunya telah menjadi tokoh penting dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Karena berbagai hasil pemikiran yang dapat menjadi dasar pendidikan.

Salah satu buah pemikiran Ki Hadjar Dewantara adalah tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan). Tiga wadah tersebut meliputi lingkungan disekitar murid yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat/pemuda.

Lingkungan keluarga meliputi orang tua dan keluarga inti. Kedua lingkungan sekolah meliputi semua orang yang telah berada di dalam lingkungan sekolah dari guru, teman hingga petugas keamanan sekolah.

Ketiga lingkungan masyarakat atau pemuda meliputi semua orang di lingkungan sosial masyarakat sekitar murid. Lingkungan ini mulai dari tetangga hingga warga masyarakat yang bertemu dan berinteraksi dengan murid.

Setiap lingkungan disekitar anak dapat memberikan pengaruh. Namun tidak semuanya memberikan pengaruh secara langsung, lingkungan keluarga sebagai lingkungan terdekatlah yang paling banyak mempengaruhi karakter dan perilaku murid.

Sementara lingkungan sekolah menjadi tempat interaksi sosial dimana murid akan mengalami pertumbuhan dalam komunikasi sosialnya. Sedangkan dari lingkungan masyarakat atau pemuda murid dapat melihat berbagai contoh karakter dan kepribadian orang lain.

Orang tua sebagai bagian dari lingkungan terdekat murid wajib memperkenalkan murid dengan lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Kemudian memberikan arahan dan tuntunan bagi anak dalam berinteraksi dengan orang lain.

Karena di lingkungan sekolah murid dapat melihat berbagai contoh sikap dan perilaku banyak orang. Perlu diarahkan agar anak dapat memilih lingkungan dan contoh yang baik, serta menyesuaikan dengan kondisi yang mungkin akan dialaminya.

Dengan mengetahui tiga wadah dasar dalam proses pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar Dewantara. Orang tua dan keluarga inti murid dapat membantu dan membimbing anak melalui proses pembentukan karakter dan diri melalui pendidikan yang tepat.

Back to top button