Pendidikan

Jelaskan tentang Makanan Awetan dari Bahan Pangan Nabati

Jelaskan tentang makanan awetan dari bahan pangan nabati! Pertanyaan tersebut biasanya terdapat dalam soal untuk mata pelajaran kimia.

Pertanyaan:

Jelaskan tentang makanan awetan dari bahan pangan nabati!

Jawaban:

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas adalah makanan awetan dari bahan nabati biasanya akan terbuat dari hasil sumber daya alam nabati yang sudah mengalami proses pengolahan yang diolah dengan baik dan dikemas dengan khusus sehingga proses pengawetan yang terjadi dengan baik dan dapat tahan lama.

Pembahasan dan Penjelasan:

Produk makanan awetan adalah sebuah produk makanan maupun minuman yang diolah dengan proses tertentu sehingga dapat awet lebih baik daripada yang lainnya. Walaupun begitu makanan awetan tidak selalu berhubungan dengan pengawet dalam proses pengolahannya.

Bahkan untuk makanan awetan ini banyak yang memang menggunakan bahan alami agar proses pengawetan yang dilakukan menghasilkan hasil yang sempurna. Selain itu pada makanan awetan ini memiliki waktu tertentu atau masa kadaluarsa pada produknya.

Untuk tahu apa saja makanan awetan yang berbahan nabati, berikut ini contoh makanan awetan berbasis bahan nabati.

1. Manisan

Manisan merupakan makanan yang kebanyakan terbuat dari buah-buahan yang kemudian diberi gula agar mengubah rasa serta membuatnya lebih awet. Biasanya juga manisan ini ada yang berupa manisan kering maupun manisan yang basah.

2. Acar

Kalau manisan adalah buah-buahan yang diawetkan menggunakan sedangkan sayuran adalah diawetkan dengan menggunakan air garam dan cuka. Untuk rasa acar biasanya akan masam namun akan membuat lebih segar. Terutama jika acar dimakan dengan makanan yang pedas karena dapat mengurangi rasa pedas juga.

3. Tape

Tape merupakan salah satu hasil olahan khas Indonesia dalam awetan nabati karena proses pembuatannya dengan proses fermentasi. Untuk tape biasanya berbahan baku singkong ataupun terdapat juga tape yang terbuat dari ketan. Saat proses pengawetan berhasil rasa tape akan lebih masam.

4. Selai Buah

Selai yang digunakan pada mengoles roti merupakan salah satu produk awetan yang berasal dari nabati. Hal ini karena selai buah terbuat dari daging buah yang dihaluskan, lalu diberi gula dan bahan yang lainnya juga. Kemudian selai akan dikemas dalam botol-botol kaca yang membuat selai juga lebih awet.

5. Kimchi

Makanan awetan yang berbahan nabati  lainnya adalah kimchi yang berasal dari Korea. Kimchi ini biasanya akan dibuat dari sayuran kubis maupun lobak yang cocok untuk dibuat kimchi. Kimchi ini adalah lauk khas Korea yang selalu dikonsumsi sebagai lauk dalam setiap makanan yang disajikan.

6. Buah Kalengan

Buah kalengan juga menjadi salah satu makanan awetan yang berbahan nabati yang sering digunakan dalam tambahan untuk membuat es. Adapun untuk buah yang diawetkan dalam kaleng juga berbagai macam di antara leci, nanas, mangga, dan masih banyak lagi. Buah-buah tersebut akan dimasukkan dalam kaleng kedap udara yang diawetkan dengan air gula dan bahan lainnya.

Itulah penjelasan dan pembahasan mengenai jelaskan tentang makanan awetan dari bahan pangan nabati yang dapat menjawab membantu dalam menjawab pertanyaan diatas. Oleh karenanya, diharapkan siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi tersebut.

Back to top button