Pendidikan

Bu Maria mengajar IPS di Fase D, Saat menyusun ATP, Bu Maria

Dari soal Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih kompleks diajarkan berikut pembahasannya. 

Soal:  

Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih kompleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. 

Mereka memfokuskan kelas 7 untuk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi guru kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D.

Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…

A. Scaffolding atau peningkatan standar performa siswa

B. Pengurutan Deduktif atau dengan mengurutkan dari yang umum ke spesifik

C. Pengurutan dimulai dari hal yang mudah ke hal yang lebih sulit

D. Pengurutan yang dimulai dengan hal konkret ke hal yang abstrak atau lebih mendalam dan luas

Jawaban: 

Jawaban yang berkaitan dengan soal tersebut adalah metode dengan cara pengurutan dari mudah ke yang sulit. 

Mengurutkan seluruh komponen pembelajaran step by step, dari hal yang termudah hingga tersulit. Metode yang tepat sesuai dengan soal adalah C, mengurutkan hal-hal dari yang termudah hingga hal yang lebih sulit dan tersulit. 

Pembahasan Mengenai Jawaban

Terdapat beberapa teknik atau metode dalam menyusun tujuan pembelajaran ATP dalam kurikulum merdeka. Berikut diantaranya:

1. Mengurutkan dari Mudah ke Sulit

Sesuai dengan soal yang ada yakni, termasuk dalam metode mengurutkan dari hal yang mudah ke hal yang lebih sulit secara bertahap.

Hingga memasuki hal yang tersulit dalam pembelajaran. Tujuan metode ini adalah untuk memudahkan siswa dalam menghadapi permasalahan yang lebih kompleks dimasa mendatang. 

2. Scaffolding atau Perancah

Metode yang berikutnya adalah scaffolding, apa yang dimaksud dengan scaffolding? Scaffolding adalah salah satu metode dalam penyusunan pembelajaran kurikulum merdeka.  

Scaffolding merupakan metode yang menggunakan teknik dengan cara meningkatkan performa kualitas siswa. Dimana siswa pertama-tama diajarkan suatu hal, dan selanjutnya ia akan mencoba hal tersebut hanya dengan bantuan pendidik. 

3. Deduktif

Metode ketiga adalah pengurutan deduktif, yang dimaksud dengan metode deduktif adalah pendidik mengurutkan pembelajaran dari hal yang umum kepada hal yang lebih spesifik.

Seperti mengajarkan apa itu berenang, dan selanjutnya akan diajarkan macam-macam gaya renang dan pengertiannya. 

4. Konkret Ke Abstrak 

Metode yang terakhir adalah metode yang diberikan oleh pendidik dengan model pembelajaran mengenalkan hal-hal yang konkret terlebih dahulu, sebelum masuk kepada hal yang lebih abstrak

Metode ini merupakan kebalikan dari metode deduktif, dimana didalamnya memberikan pemahaman umum terlebih dahulu. Sedangkan dalam metode ini, dijelaskan yang lebih rinci terlebih dahulu.

Jawaban C tepat untuk soal Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Menerapkan metode pengurutan dari hal-hal yang mudah dan sederhana hingga hal yang lebih sulit secara bertahap hingga menemukan hal yang tersulit dalam proses pembelajaran tersebut.

Back to top button