Pendidikan

Keuntungan Penghijauan di Kota Besar Adalah? Kunci Jawaban Kimia

Keuntungan penghijauan di kota besar adalah karena tanaman? Ini merupakan salah satu bentuk soal yang mungkin saja muncul dalam mata pelajaran Kimia kelas 7. Artikel ini akan menjawab sekaligus membahas lebih lanjut pada soal, keuntungan penghijauan di kota-kota antara lain karena tanaman dapat. Simak dan pahami dengan baik.

Pertanyaan: 

Keuntungan penghijauan di kota besar adalah karena tanaman¬† ….

A. Mengikat gas N2 dari udara

B Menjaga keseimbangan banyaknya gas CO2, N2, dan O2

C. Mengikat CO2 di udara dan membebaskan O2

D. Mengubah CO2 dari udara menjadi O2

E. Menyerap limbah-limbah industri

Jawaban:

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah pada opsi C. Mengikat CO2 di udara dan membebaskan O2.

Jawaban A tidak tepat karena tanaman tidak mengikat zat N2, melainkan zat CO2 atau karbondioksida.

Untuk jawaban B tidak tepat, karena tanaman tidak berfungsi dalam menjaga keseimbangan dari zat CO2, O2, maupun N2.

Jawaban D tidak tepat karena, CO2 tidak bisa langsung diubah menjadi oksigen oleh tanaman. Hal tersebut harus melalui serangkaian proses dan tambahan zat lainnya. 

Jawaban E tidak tepat, karena tanaman tidak bisa menyerap limbah-limbah dari industri atau pabrik.

Pembahasan:

Kota sangat identik dengan pemukiman padat, lalu lintas yang ramai, serta polusi. Dibandingkan daerah pedesaan, daerah perkotaan menghasilkan polusi yang lebih besar.

Polusi ini dapat berasal dari kendaraan yang padat, limbah-limbah industri, sampah yang dibuang sembarangan dan lainnya. Kebanyakan polusi ini menghasilkan CO2 yang apabila kadarnya terlalu banyak dapat membahayakan tubuh.

Demi menciptakan lingkungan perkotaan yang nyaman dan jauh polusi, maka diperlukan penghijauan kota. Salah satu cara penghijauan yang dilakukan adalah dengan menanam tanaman dan pohon di area perkotaan.

Penghijauan di kota-kota memiliki banyak sekali keuntungan dan manfaat, berikut penjelasannya:

1. Mengikat Karbondioksida

Jika manusia memerlukan oksigen, maka tumbuhan sebaliknya, tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk proses fotosintesis. Selain karbondioksida juga diperlukan bantuan sinar matahari dan H2O.

Hasil akhir dari fotosintesis adalah oksigen, yang kemudian dilepaskan oleh tanaman dan pohon, sehingga dapat dihirup oleh makhluk hidup.

Maka dari itu melakukan penghijauan pada area kota-kota yang penuh polusi, memiliki keuntungan yang sangat besar dalam memproduksi oksigen. Sehingga kualitas lingkungan dan ekosistem menjadi lebih baik.

2. Mengurangi Pemanasan Global

Bumi yang semakin panas merupakan salah satu akibat dari pemanasan global. Dengan dilakukannya penghijauan dapat mengurangi dampak dari pemanasan global tersebut.

Ini berkaitan kembali dengan karbondioksida yang banyak dihasilkan di perkotaan. Karbondioksida merupakan zat yang dapat menyerap panas, sehingga mampu menaikkan suhu dalam atmosfer bumi atau efek rumah kaca.

Dilakukannya penghijauan, tentunya memiliki keuntungan dalam mengurangi kadar karbondioksida, karena tanaman dapat mengikat karbondioksida, sehingga efek rumah kaca dapat berkurang.

3. Meningkatkan Penyerapan

Area kota sangat rawan akan banjir, akibat terlalu banyak lahan yang dijadikan gedung dan bangunan. Sehingga tidak ada lagi area untuk menyerap air, jika terjadi hujan lebat maka sangat beresiko terjadinya banjir.

Namun, dengan adanya penghijauan dapat membantu meningkatkan area penyerapan air, karena akar-akar pepohonan tersebut dapat menyerap air.

Demikian jawaban sekaligus pembahasan terkait dengan soal keuntungan penghijauan di kota besar adalah karena tanaman. Untuk memperdalam ilmu, sering berlatih soal dan membaca banyak buku.

Back to top button