Pendidikan

Pendidik Sejatinya Menuntun Tumbuh Kodrat Pada Anak Agar Dapat Memperbaiki?

Pendidik sejatinya berperan dalam kebutuhan pembelajaran siswa yang berbeda. Kebutuhan tersebut dapat dipahami melalui soal pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki dengan pembahasan lengkapnya berikut:

Pertanyaan:

Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki….

A. Perilakunya

B. Dasar hidupnya

C. Kekuatan kodratnya

D. Potensinya

Jawaban

Jawaban dari pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki adalah A. perilakunya. Pendidik memiliki peran yang penting dalam membentuk sebuah karakter dan perilaku baik untuk seorang anak.

Pendidik bertugas penting untuk membantu anak-anak dalam memahami nilai, norma-norma serta etika yang ada dalam masyarakat. Pentingnya membantu ini agar anak-anak tidak salah dalam beradaptasi.

Pendidik bertanggung jawab untuk membimbing anak agar berperilaku yang baik dan menghindari anak dari segala perilaku yang buruk. Adanya bimbingan ini, anak bisa berperilaku baik di lingkungan masyarakat.

Penjelasan dan Pembahasan Lengkap Mengenai Jawaban

Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan memiliki tujuan dan peranan yang penting bagi anak yaitu menuntun kodrat pada  anak. Tujuannya agar anak bisa mencapai serta menggapai keselamatan dan kebahagiaan.

Lanjutnya, pendidik dapat membimbing tumbuh kembang atau hidupnya kekuatan kodrat pada anak-anak. Pendidik dapat membantu memperbaiki perilaku anak, bukan pada dasar hidup beserta kekuatan kodrat pada seorang anak.

Layaknya seorang tukang kebun yang merawat tanaman sesuai dengan kebutuhan tanaman agar tumbuh dan berbuah yang indah dan baik. Begitu juga dengan pendidik, harus melayani dan mengajarkan anak atau siswa sesuai kebutuhan.

Memahami Tumbuh Kodrat  Seorang Anak Oleh Pendidik

Penjelasan konteks tumbuh kodrat, merujuk kepada pengembangan suatu potensi dan sifat-sifat dasar pada individu. Di sini, pendidik bertugas untuk membantu anak dalam mengenali potensi yang ada dan kecenderungan anak.

Pendidik juga berkewajiban untuk membantu serta membimbing anak dalam memahami konsekuensi yang didapat dari setiap tindakan yang dibuat. Bagaimana memperbaiki pola pikir yang bersifat jelek, dan bantu kembangkan keterampilan sosial yang baik.

Menuntun tumbuh kodrat pada seorang anak, pendidik bisa melakukannya dengan memperbaiki perilaku anak tersebut. Tujuannya, agar anak bisa pribadi baik dan berkontribusi positif pada lingkungan masyarakat.

Pendidik diharuskan memberi kebebasan untuk mengembangkan ide yang kreatif, serta bantu kembangkan bakat atau minat anak. Maksud kebebasan di sini, bukan berarti membiarkan anak tanpa tuntunan atau arahan,  tetapi tetap mengawasi dan membantu anak agar tidak hilang arah.

Ki Hajar Dewantara juga mengingatkan bahwa pendidik diharuskan untuk tetap mengikuti metode pembelajaran sesuai perkembangan zaman, namun tetap harus terkontrol agar tidak salah dan selaras. Indonesia memiliki beragam potensi-potensi kultural, bisa menjadi sumber belajar yang bagus.

Menurut KHD, dasar pendidikan seorang anak erat kaitannya dengan sifat serta lingkungan tempat tinggal anak tersebut. Sedangkan kodrat zaman, memiliki kaitan yang erat mengenai isi dan irama.

Maksudnya, karakter dan sifat dari masing-masing anak berbeda, sehingga pendidik tidak bisa menghapus sifat bawaan tersebut. Penunjuk hanya bisa membimbing dan menuntun, agar sifat-sifat baiknya anak muncul dan sifat jeleknya tertutup.

Sementara, maksud dari kodrat zaman adalah sebagai pendidik diharuskan untuk memberikan keterampilan sesuai zaman. Hal ini, agar anak dapat hidup dan berkarya sesuai kebutuhan zaman saat ini.

Setelah membahas soal mengenai pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki di atas. Semoga bisa dijadikan referensi dalam menjawab soal-soal oleh para pendidik.

Back to top button