Pendidikan

Menjawab Pertanyaan Kondisi Eksternal yang Mempengaruhi Hasil Belajar Adalah? Yuk Simak Pembahasannya!

Belajar merupakan proses yang kompleks. Sebab, tingkah laku baik dari segi fisik maupun psikis bisa berubah dengan belajar. Lalu, kondisi eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah? Karena, proses belajar dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal.

Soal

Kondisi eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah…

a. Keluarga, sekolah, dan lingkungan Masyarakat.

b. Keadaan jasmani atau fisik siswa.

c. Keseimbangan psikologis.

d. Minat, bakat, dan motivasi siswa.

Jawaban

Jika merujuk kepada soal di atas, pilihan B, C, dan D merupakan faktor-faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar seseorang. Sedangkan, pilihan A merupakan faktor eksternal. Jadi, jawaban yang paling benar dari soal tersebut adalah A.

Secara garis besar faktor internal dibagi menjadi dua, yakni jasmani dan psikologis. Kesehatan dan cacat tubuh merupakan contoh dari faktor-faktor jasmani. Jika seorang siswa/siswi mempunyai tubuh yang sehat dan sempurna, proses pembelajaran bisa lebih lancar.

Sedangkan, faktor psikologis terdiri dari banyak hal, seperti minat, bakat, intelegensi, motif, perhatian, kematangan, serta kesiapan. Apabila ketujuh hal ini tidak dikembangkan dengan baik oleh guru maupun orangtua siswa/siswi, sangat mungkin hasil belajar tidak maksimal.

Penjelasan

Lantas apa yang dimaksud kondisi eksternal? Secara sederhana, hal ini dapat dipahami sebagai faktor-faktor yang berasal dari luar diri siswa/siswi itu sendiri. Meski tidak berasal dari diri sendiri, faktor eksternal sangat berpengaruh terhadap hasil belajar.

Jika dikelompokkan, ada tiga faktor eksternal utama yang mempengaruhi hasil belajar. Apa sajakah hal itu? Ada faktor sekolah, keluarga, serta sosial masyarakat. Bagaimana ketiga hal itu dapat berpengaruh pada hasil belajar seseorang? Yuk simak pembahasannya!

1. Faktor sekolah

Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, fasilitas-fasilitas yang tersedia, serta budaya yang berkembang di sekolah berperan penting dalam hasil belajar. Kurikulum tidak termasuk, karena baik tidaknya kurikulum sangat bergantung pada penerapan ketiga hal tersebut.

Jika guru dapat memberikan metode pembelajaran yang menarik minat siswa/siswi disertai dengan fasilitas penunjang yang tepat, penerapan kurikulum akan sukses. Keberhasilan guru dalam memberikan metode yang tepat juga harus didukung oleh budaya sekolah yang positif.

2. Faktor Keluarga

Orangtua merupakan salah satu penentu kesuksesan belajar anak. Cara asuh, keadaan finansial, pendidikan orangtua, dan konflik keluarga adalah hal yang mempengaruhi dalam faktor keluarga. Tak jarang ada guru yang abai terhadap faktor ini.

Guru tidak boleh mengabaikan faktor keluarga, karena faktor tersebut biasanya langsung terlihat dampaknya pada siswa. Bisa berpengaruh pada keterlibatannya di kelas ataupun mempengaruhi konsentrasinya saat belajar. Orangtua harus menciptakan lingkungan keluarga yang nyaman untuk anak.

3. Faktor Sosial Masyarakat

Anak-anak adalah pengamat serta peniru yang ulung, karena dapat dengan mudah merekam sesuatu dan mempraktekannya. Karenanya, tak jarang jika menemui lingkungan yang ‘kurang baik’, anak yang berasal dari situ biasanya memiliki karakter tak jauh berbeda.

Dengan memahami pembahasan dari soal ‘kondisi eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah’, ada baiknya untuk mulai memperhatikan faktor eksternal anak. Jangan sampai orangtua maupun guru abai dan membuat proses pembelajaran anak tersebut menjadi tidak maksimal.

Back to top button