Pendidikan

Yang Bukan Elemen Dari Dimensi Bernalar Kritis Adalah? Ini Jawabannya!

Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah? Program pengembangan profil pelajar pancasila memiliki berbagai komponen, salah satu didalamnya adalah bernalar kritis. Dibawah ini akan dibahas secara mendalam jawaban dari soal yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis. 

Soal: 

Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah…
A. Memperoleh serta memproses informasi, dan gagasan yang diterima oleh siswa
B. Memverifikasi atau mengecek ulang penelusuran informasi dengan cermat dan teliti.
C. Menganalisis serta mengevaluasi penalaran yang telah diciptakan
D. Refleksi pemikiran yang dimiliki dan proses berpikir yang kritis, kreatif dan inovatif, 

Jawaban:

Soal diatas membahas apa saja elemen yang terdapat dalam dimensi bernalar kritis. Berpikir atau bernalar kritis merupakan salah satu komponen dalam program pengembangan profil pelajar pancasila. 

Jawaban soal diatas adalah B. Memverifikasi atau mengecek ulang penelusuran informasi dengan cermat dan teliti bukan merupakan bagian dari elemen bernalar kritis. 

Cross check atau memverifikasi merupakan suatu kewajiban bagi siapapun, baik siswa maupun guru dan profesi lainnya. Fungsi dari cross check sendiri adalah untuk memastikan keakuratan informasi yang diperoleh.

Dengan memverifikasi kembali informasi yang didapat, resiko kesalahan atau kekeliruan akan semakin kecil di kemudian hari.

Pembahasan Mengenai Jawaban

Setelah mengetahui jawaban yang tepat mengenai salah satu soal yang terdapat pada post test modul program pengembangan profil pelajar pancasila. Kini saatnya membahas secara mendalam dan terperinci elemen dari dimensi bernalar kritis. 

1. Memperoleh serta Memproses Informasi

Elemen pertama dalam dimensi bernalar atau berpikir kritis adalah memperoleh serta memproses informasi yang didapat. Bernalar kritis memiliki makna dimana siswa dapat mengembangkan cara berpikir dan bernalar secara kritis.

Kritis yang dimaksud adalah dengan tidak menerima begitu saja berbagai informasi yang diterima. Berpikir dan bernalar kritis dengan memperoleh dan memproses informasi yang sesuai. 

Informasi yang didapat dari suatu penelusuran perlu diproses kembali hingga dapat menciptakan pemikiran yang kritis dan juga akurat. 

2. Menganalisis serta Mengevaluasi Penalaran

Elemen kedua dalam dimensi bernalar dan berpikir kritis adalah dengan menganalisis serta mengevaluasi penalaran yang didapat pada tahap sebelumnya. Setelah suatu informasi dapat diperoleh dan diproses dan menjadi suatu penalaran.

Langkah selanjutnya adalah dengan menganalisis serta mengevaluasi, apakah penalaran tersebut sudah tepat atau belum. Melakukan analisis serta evaluasi dengan cermat dan teliti. 

3. Refleksi Pemikiran 

Elemen dalam dimensi bernalar kritis yang terakhir adalah refleksi pemikiran. Pelaksanaan refleksi sangat penting dalam beberapa aspek, seperti refleksi diri, dan juga refleksi pemikiran diri sendiri.

Dengan dilakukannya refleksi pemikiran, siswa dapat berkaca dengan dirinya. Apakah semua telah berjalan dengan baik, dan jika belum bagian mana yang perlu diperbaiki. Refleksi juga dapat menghasilkan evaluasi yang baik dengan berbagai kritik dan saran di dalamnya. 

Demikian jawaban dan pembahasan satu soal post test modul program pengembangan profil pelajar pancasila. Berupa yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah? memverifikasi atau mengecek ulang penelusuran informasi dengan cermat dan teliti.

Back to top button