Pendidikan

Untuk Menyiapkan Asesmen Awal Pembelajaran, Pendidik Perlu Mengidentifikasi?

Dalam dunia pendidikan sekarang dikenal adanya istilah asesmen dan proyek dalam pembelajaran. Untuk menyiapkan asesmen awal pembelajaran, pendidik perlu mengidentifikasi apa merupakan salah satu pertanyaan di bidang ini yang perlu dipahami para guru.

Dengan memahami topik tersebut maka kemampuan guru dalam mengajar di kelas akan meningkat secara signifikan. Terlebih lagi, jika mampu mengimplementasikan secara nyata dalam pembelajaran sesungguhnya.

Soal

Untuk menyiapkan asesmen awal pembelajaran, pendidik perlu mengidentifikasi?

A. Hasil rapor peserta didik terdahulu

B. Kemampuan prasyarat yang perlu dimiliki peserta didik

C. Alamat rumah peserta didik

D. Gaya belajar peserta didik (visual, auditori dan kinestetik)

Jawaban

Jawaban yang paling tepat ada pada pilihan B, yaitu kemampuan.prasyarat yang perlu dimiliki peserta didik. Adapun penjelasan lengkapnya dapat disimak dalam uraian berikut!

Penjelasan

Kemampuan prasyarat adalah keterampilan, pengetahuan, atau pemahaman dasar yang diperlukan oleh siswa sebelum memulai pembelajaran lebih lanjut. Yang di maksud di sini, adalah pendidikan di tingkat yang lebih tinggi atau topik yang lebih kompleks.

Dengan mengidentifikasi kemampuan prasyarat, pendidik dapat menilai tingkat pemahaman dan kesiapan siswa sebelum memasuki pembelajaran baru. Ini juga membantu mengenali area di mana siswa mungkin membutuhkan bantuan atau dukungan lebih lanjut.

Terdapat alasan mengapa mengidentifikasi kemampuan prasyarat sangat penting dalam menyiapkan asesmen awal pembelajaran. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menyesuaikan pembelajaran. Dengan mengetahui kemampuan prasyarat siswa, pendidik dapat menyesuaikan konten dan metode pembelajaran agar sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.
  • Mengidentifikasi kebutuhan pemahaman dasar. Mengidentifikasi kemampuan prasyarat membantu pendidik mengenali area dimana siswa mungkin memiliki kekurangan pemahaman dasar. Ini memungkinkan pendidik untuk memberikan remediasi atau dukungan tambahan untuk memastikan siswa memiliki dasar yang kuat.
  • Merencanakan pembelajaran lanjutan. Dengan mengetahui kemampuan prasyarat siswa, pendidik dapat merencanakan pembelajaran lanjutan dengan lebih baik. Guru dapat mengidentifikasi koneksi antara topik atau konsep baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.
  • Memotivasi siswa. Adanya asesmen awal dapat membantu memberi motivasi karena siswa akan merasa dihargai setelah menunjukkan apa yang diketahui sebelumnya. Ini juga memberi kesempatan bagi siswa untuk memahami kekuatan dan kelemahan dalam memahami materi.

Mengidentifikasi kemampuan prasyarat dapat dilakukan dengan berbagai cara yang disesuaikan dengan kondisi di kelas atau setiap siswa. Contohnya adalah mengadakan tes diagnostik, mengamati hasil tes sebelumnya, melakukan diskusi, atau menggunakan pertanyaan terbuka.

Informasi ini akan membantu pendidik untuk merancang kurikulum dan strategi pengajaran yang efektif sesuai tingkat pemahaman setiap siswa. Pada akhirnya semua itu membantu siswa untuk mencapai potensi belajar maksimal dan meraih kesuksesan akademik.

Itulah jawaban soal untuk menyiapkan asesmen awal pembelajaran, pendidik perlu mengidentifikasi apa yang dilengkapi pembahasan. Semoga apa yang telah disampaikan mampu memberi wawasan baru.

Back to top button